Anggarkan Rp 1 M Lebih Untuk Perbaikan Jalan Waypanas

SINARMERDEKA.ID.GISTING—Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Tanggamus menyatakan bahwa tahun ini juga ruas jalan Pekon Way Panas Kecamatan Wonosobo akan diperbaiki.

Kepala Dinas PUPR Tanggamus, Riswanda Djunaidi mengatakan bahwa tahap awal yang diperbaiki sepanjang 1 Kilometer dengan estimasi Rp1 Miliar lebih.

“Jalan yang diperbaiki posisinya berada diawal ruas Pekon Waypanas. Jalan ini juga merupakan penghubung ke Pekon Sampangturus,” ujar Riswanda yang ditemui disela-sela Konsultasi Publik RKPD, di Hotel 21 Gisting, Selasa (25/2).

Dilanjutkan Riswanda, bahwa perbaikan jalan ruas Waypanas juga dilakukan secara bertahap hal ini karena terbatasnya anggaran yang dimiliki pemerintah daerah. “Ruas Waypanas itu kan panjang jadi perbaikannya bertahap, dan ada juga beberapa jembatan yang harus diperbaiki. Selesai jalan selanjutnya dilakukan pembenahan jembatan,” katanya.

Dijelaskan Riswanda, bahwa untuk penanganan jalan Waypanas dilakukan dengan cara diaspal, namun tidak menutup kemungkinan ada beberapa titik yang dirigid beton.

“Kita lihat kondisi tanahnya, kalau memang dibeberapa titik konturnya lembek maka dilakukan rigid, selebihnya aspal. Pelaksanaan sendiri ditargetkan Juni, sekarang masih tahap perencanaan lalu dilanjutkan dengan lelang,” terangnya.

Diberitakan sebelumnya, Kerusakan jalan penghubung antar pekon yang menghubungkan Pekon Waypanas Kecamatan Wonosobo dan Pekon Kanyangan Kecamatan Kotaagung Barat hingga kini belum juga diperbaiki.

Kondisi tersebut membuat warga Pekon Waypanas geram. Mereka menuntut agar Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus segera merealisasikan perbaikan ruas jalan di pekon setempat.

“Ya bayangkan aja lah, Waypanas ini berdiri tanggal 22 Agustus 1930. Dan sampai saat ini jalan dari Kanyangan sampai Waypanas belum pernah sama sekali di aspal. Sungguh keterlaluan pejabat yang berkompeten di Tanggamus kalo nggak di pikirkan. Kami ini penduduk asli Tanggamus bukan orang transmigrasi, ” tegas Syahril, salah seorang warga setempat, belum lama ini.

Menurutnya, jalan penghubung dari Pekon Kanyangan, tepatnya diareal perkebunan kates menuju Pekon Waypanas kondisinya masih berupa onderlagh, dengan panjang jalan sekitar 4 Kilometer lebih. (simer)

52 Views