ASN, TNI, Polri Golongan I,II, dan III Akan Dapat THR dan Gaji 13, Pejabat Eselon dan Anggota Dewan Terancam

SINARMERDEKA.ID.JAKARTA-Pemerintah saat ini masih mengupayakan untuk melakukan pembayaran gaji ke 13 dan Tunjangan Hari Raya (THR) Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan anggota TNI/Polri dan para pensiunan di tengah pandemi wabah virus corona.

Namun Menteri keuangan Sri Mulyani menyebutkan ASN yang berhak mendapat gaji 13 dan THR pada tahun ini, cuma mereka yang berstatus ASN golongan I, III dan III serta pensiuanan.

“Perhitungan ASN, TNI dan Polri yang menerima gaji 13 dan THR mereka yang tergolong memiliki golongan I,II, dan III, dan anggarannya telah disiapkan, Kata Menteri keuangan Sri Mulyani Usia melakukan rapat terbatas bersama dengan Presiden Joko WIdodo

Sementaran untuk ASN, TNI dan Polri dan anggota DPR yang berpangkat golongan IV atau pejabat eselon, masih dalam pertimbangan untuk mendapatkan tunjangan THR dan gaji 13 yang akan dibayarkan pemerintah, lantarana hal itu akan dibawah dalam rapat kabinet bersama dengan presiden nantinya

“Untuk mereka yang berpangkat golongan IV dan pejabat eselon, dan anggota DPR masih akan dibalas dalam rapat kabinet bersama Bapak presiden, dan akan diputuskan langsung oleh Presiden,” dikutip kompas.com

Namun ditambahkan jika Presiden meminta kalkulasi anggaran yang akan dialokasikan untuk gaji 13 dan THR bagi pejabat eselon, dan anggota DPR, mengingat pengeluaran pemerintah meningkat akibat pandemi wabah virus corona atau covid-19.

Diketahui pada tahun 2019, pemerintah mengalokasikan anggatan untuk THR dan Gaji 13 bagi ASN,anggota TNI.Polri dan Anggota Dewan mencapai Rp40 triliun.

Dan diprediksi jika nilai tersebut akan melonjak dari tahun sebelumnya yang hanya Rp 35,8 triliun. Rinciannya, sebesar Rp20 triliun digunakan untuk pembayaran THR pada Mei 2019 dan Rp20 triliun untuk penyaluran gaji ke-13 bulan Juni.(rsl/kmp/simer)

37 Views