oleh

Bahas Raperda, Mahasiswa dan DPRD Tanggamus dialog Terbuka

SINARMERDEKA.ID.KOTAAGUNG– Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Tanggamus yang didampingi para dosen mengadakan dialog dengan DPRD Kabupaten Tanggamus.

Mahasiswa dan DPRD membahas point penting Raperda, di pimpim langsung oleh Wakil Ketua I DPRD Tanggamus Irwandi Suralaga, diruang rapat DPRD setempat, Kemarin (06/01)

loading...

DPRD mampu membuat Rancangan Peraturan Daerah sekitar 30-an. Padahal pada tata tertib maupun konstitusinya sangat membuka peluang bagi masyarakat untuk mengajukan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda).”Ada 4 hal yang harus dipenuhi untuk pembuatan perda bagi

Menurut Irwandi, tentang tata cara Program Pembentukan Peraturan Daerah yang diawali dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) mengajukan usulan kemudian dari DPRD juga mengajukan usulan yang nantinya usulan tersebut akan dikaji oleh Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BAPEMPERDA).

“Setelah dikaji, nantinya hasil tersebut akan disampaikan pada Rapat Paripurna. Dan pada saat itu sudah harus ada konsepnya berupa naskah akademik maupun draft-nya.

Selain itu, DPRD Tanggamus sudah banyak mengesahkan Perda, salah satunya tentang jadwal hiburan malam atau orgen, sedangkan untuk tahun 2020 yang akan dibahas Ranperda inisiatif dari legislatif 3 yaitu : Perda tentang Pesantren, Perda Perlindungan Anak dan Perda Adat

Ditempat yang sama, Makruf Sirojuddin mengatakan, peran masyarakat dalam membentuk Perda sangat penting dalam pengawasan perda yang sudah disahkan masih jalan ditempat sehingga perlu adanya komitmen antara eksekutif dengan legislatif.

“Yang sudah disahkan harus dijalankan, jangan dijadikan sebagai pajangan semata,”pungkasnya. (simer)

Komentar

Berita Lainnya