Baku Tembak Aparat-Begal, satu Begal roboh diterjang peluru Polisi

Sinarmerdeka.id.Bandar Lampung-Baku tembak antara aparat kepolisian dengan tersangka begal sepeda motor terjadi di Bandar Lampung, Selasa (12/5/2020) malam.Kejadian baku tembak tersebut mengakibatkan satu tersangka begal harus roboh diterjang peluru aparat kepolisian.

Diketahui Baharudin (24) warga Desa Gunung Sugih Besar, Kecamatan Sekampung Udik, Lampung Timur. Polisi berupaya membawa kerumah sakit Bhayangkara Polda Lampung tetapi, Baharudin tewas saat dalam perjalanan ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda Lampung.

Beberapa keterangan dihimpun, Baharudin bersama seorang rekannya hendak melakukan pencurian motor di parkiran Alfamart Jalan Ratu Dibalau, Tanjung Senang. Polisi yang sudah membuntuti gerak gerik pelaku langsung melakukan penyergapan.

Mengetahui aksi merek di ketahui polisi kedua pelaku berupaya kabur dengan mengendarai sepeda motor Honda Beat tanpa plat nomor.

Tak jauh dari Alfamart tersebut, pelaku berhenti dan mengeluarkan tembakan ke arah petugas. Sehingga baku tembak pun tak dapat dihindarkan. Dalam baku tembak itu, peluru polisi menembus dada tersangka Baharudin.

Baharudin dinyatakan tewas saat dalam perjalanan menuju Rumah Sakit Bhayangkara Polda Lampung.

“Saat dilakukan penangkapan, tersangka melakukan perlawanan dan membahayakan jiwa petugas. Terpaksa kami lakukan tindakan tegas,” ujar Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Lampung Kombes M Barly Ramadhani, Rabu (13/5/2020) dini hari.

Berdasarkan catatan kepolisian, tersangka Baharudin merupakan sepesialis pencurian kendaraan bermotor yang kerap menyasar motor korban di parkiran Alfamart dan Indomaret. Diketahui Baharudin sudah melakukan aksinya empat kali di Bandar Lampung.

Dengan rincian, 3 TKP di wilayah hukum Polsek Kedaton, 1 TKP wilayah hukum Polsek Telukbetung Utara dan 1 TKP di wilayah Tanjungkarang Timur.

Dari tersangka Baharudin, polisi menyita beberapa barang bukti berupa kunci T, satu unit sepeda motor Honda Beat tanpa plat nomor dan senjata api rakitan.

M Barly Ramadhani mengatakan senjata api rakitan inilah yang digunakan tersangka saat berupaya melawan petugas.

“Berikut barang bukti yang kami amankan sepucuk senjata api rakitan beserta dua butir peluru dan dua selongsong peluru yang telah ditembakkan ke arah petugas,” jelasnya.

Tim gabungan satuan Reskrim Polresta Bandar Lampung dan Polsek Kedaton berhasil mengungkap pelaku pencurian sepeda motor yang kerap meresahkan warga Bandar Lampung.

Setelah dilakukan penyelidikan, ciri-ciri pelaku yang kerap menyasar motor di parkiran Alfamart dan indomaret ini berhasil diketahui dari salah rekaman kamera pengintai alias CCTV.

Dirkrimum Polda Lampung Kombes Pol M Barly Ramadhani menyatakan, aksi percobaan pencurian kembali dilakukan tersangka Burhanudin (24) dan seorang rekannya (DPO) di depan Alfamart Jalan Ratu Dibalau, Tanjung Senang pada Selasa (12/5/2020) malam.

Aksi tersebut berhasil dicegah, setelah anggota patroli hunting C3 melihat ciri ciri pelaku yang sama dengan hasil rekaman CCTV TKP sebelumnya.

Dari catatan kami, mereka ini sudah sering melakukan pencurian sepeda motor. Salah satunya di Indomaret Jalan Sultan Agung,” ungkap Barly, Rabu (13/5/2020) dini hari.

“tembakan peringatan sudah dilakukan namun kedua tersangka tetap melawan dan melarikan diri. Akhirnya terpaksa kami tindak tegas,” jelasnya(rls/simer)

23 Views