oleh

Bawaslu Lampung Persiapkan Tim Seleksi

Sinarmerdeka.id – Jelang pelaksanaan pilgub yang semakin dekat, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lampung berencana menggelar rekrutmen panitia pengawas (panwas) di 15 kabupaten/kota. Diperkirakan jumlah pengawas yang direkrut mencapai 18.261 personel.

Ketua Bawaslu Lampung Fathikatul Khoiriyah mengatakan, untuk pengawas tingkat kabupaten, pihaknya tengah mempersiapkan pembentukan tim seleksi (timsel). Setelah timsel ini dibentuk, maka pendaftaran pengawas kabupaten akan dibuka.

loading...

’’Untuk pengawas tingkat kabupaten, timselnya akan kita bentuk bulan ini. Sementara untuk pengawas tingkat kecamatan, desa, dan TPS, kita masih menunggu instruksi pusat,” kata Khoir –sapaan akrabnya– kepada Radar Lampung kemarin.

Ia menjelaskan, jumlah pengawas yang dibutuhkan pada pelaksanaan pilgub meliputi tiga pengawas tingkat kabupaten, tiga pengawas di kecamatan, satu pengawas tingkat desa, dan satu pengawas TPS.

Berdasarkan data pemilu terakhir 15 kabupaten/kota di Lampung, jumlah kecamatan sebanyak 228, desa (2.640), dan TPS (14.892). Artinya bila mengacu data tersebut, Bawaslu membutuhkan tenaga pengawas pilgub berjumlah 18.261 pengawas.

Khoir menambahkan, pihaknya menargetkan seluruh anggota panwas 15 kabupaten/kota terpilih sudah dilantik pada Agustus. Karena itu, pihaknya sedang serius mengejar rekrutmen tersebut agar tepat waktu.

’’Bagi yang pernah menjabat anggota panwas di 15 daerah memiliki peluang lebih terbuka daripada pendaftar baru. Untuk itu, kami mengimbau kepada seluruh pihak maupun masyarakat untuk mendaftar langsung di sekretariat Bawaslu Lampung,” tandasnya. (rdl/simer)

Komentar

Berita Lainnya