Bertambah 16 Pasien Positif di Lampung, Menjadi 101 orang

Sinarmerdeka.id.Bandar Lampung– Jumlah pasien positif Covid-19 di Lampung bertambah 16 orang menjadi 101 orang. Dari jumlah tersebut, 16 pasien tambahan berstatus OTG semuanya dari klaster Pondok Pesantren (Ponpes) Temboro, Magetan, Jawa Timur.

“Dari penambahan 16 kasus (dari hari kemarin), semuanya kasus tersebut orang tanpa gejala (OTG) dari hasil tracing dari klaster Temboro, semuanya keadaanya sehat,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Lampung dr Reihana dalam konferensi persnya di Bandar Lampung, Kamis (21/5).

Semua pasien positif Covid-19 tambahan 16 orang tersebut, ujar Reihana yang juga kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lampung, kondisi tubuhnya sehat. Saat ini mereka sedang melakukan isolasi mandiri di rumah maupun juga diisolasi mandiri di rumah sakit kabupaten.

Dia mengatakan, terjadi penambahan begitu banyak kasus positif di Lampung belakangan ini. Penyebabnya, karena hasil swab yang dikirim ke Palembang tertahan cukup lama di BKTL Palembang. Alat yang ada di BKTL Palembang mengalami kerusakan, sehingga hasil swab dilakukan di Polymerase Chain Reaction (PCR) yang ada di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Lampung.

“Ada trouble (di Palembang), kami tidak mendapat hasil (swab) sepekan lebih, karena itu ada penambahan (kasus positif) signifikan,” ujarnya.

Menurut dia, saat ini alat PCR di Labkeda Lampung sudah jalan dan dapat bekerja menyelesaikan sampai 37 swab sekali jalan. “(Alat PCR ini) terbantu sekali, bisa dapat membantu penyelesaikan swab yang ada,” katanya.

Berdasarkan data Dinkes Lampung, Kamis (21/5), jumlah ODP 3.135 orang, masih dipantau 14 hari 88 orang, selesai dipantau 3.042 orang, ODP meninggal dunia 5 orang. Sedangkan PDP 97 orang, masih dirawat/diisolasi 14 orang, sudah sembuh/pulang/negatif 65 orang, dan PDP meninggal dunia 18 orang.

Untuk jumlah pasien positif Covid-19 di Lampung berjumlah 101 orang, bertambah dari sehari sebelumnya 85 orang. Masih dirawat 63 orang, sudah sembuh dan sebagian pulang 31 orang, dan pasien positif yang meninggal 7 orang.

Penambahan pasien positif 16 orang tersebut, berasal dari Kabupaten Lampung Tengah 7 orang, Lampung Selatan 3 orang, Waykanan 2 orang. Kabupaten Tanggamus, Tulangbawang, Pesawaran, dan Kota Metro masing-masing bertambah 1 orang.

Dari lima kabupaten yang belum terdapat kasus positif Covid-19 di Lampung, saat ini tinggal tiga kabupaten. Hal itu terjadi setelah Tulangbawang dan Tanggamus terpapar kasus positif Covid-19. Ketiga daerah tersebut, Mesuji, Pesisir Barat, dan Lampung Timur.(rls/rep/simer)

23 Views