oleh

Bertambah Lagi, Dua warga Tanggamus Positif Covid 19


Daerah|26 views

KOTAAGUNG–Kasus positif Covid 19 di Kabupaten Tanggamus kembali mengalami penambahan. Hal itu menyusul positifnya dua warga. Dua kasus baru itu adalah pasien jenis kelamin laki-laki, satu di Kecamatan Talangpadang dan satu orang warga Kelurahan Pasar Madan Kecamatan Kotaagung.

Juru bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Tanggamus dr.Eka Priyanto mengatakan pasien 05 berumur 34 tahun beralamat di Pekon Negeri Agung dengan pekerjaan karyawan BUMN. Menurut Eka pasien 05 memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta
untuk menjenguk istri dan anaknya di Kabupaten Tanggamus.

loading...

“Sebelum keberangkatannya Pasien 05 telah melakukan pemeriksaan RDT dengan hasil RDT Non-Reaktif. Lalu pada Tanggal 6 September 2020 pasien 05 datang ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) RS. Mitra Husada Pringsewu, dengan keluhan batuk dan pilek yang sudah dialaminya selama 3 hari. Terhadap Pasien 05 dilakukan pemeriksaan Ro Thorax dan ditemukan gambaran foto Thorax Pneumonia,”kata Eka melalui rilis tertulis yang dikirimkan.

Selain itu, lanjut Eka dilakukan Rapid Tes (RDT) dengan hasil RDT Non-Reaktif dan pasien dirawat di Ruang Isolasi RS. Mitra Husada.

Kemudian Tanggal 7 dan 8 September 2020 selanjutnya dilakukan Swab Nasofaring (PCR) Corona Virus, di Laboratorium RS. Umum Daerah Pringsewu dengan hasil SARS COV2 Positif.

Atas hasil tersebut, dilakukan isolasi terhadap Pasien 05 di ruang Isolasi di RS. Mitra Husada Pringsewu untuk mendapatkan penanganan dan tindakan lebih lanjut sesuai dengan tata laksana kasus Covid-19,” katanya.

Atas hasil positif Pasien 05 tersebut, Tim Satuan Tugas Covid 19 Kabupaten Tanggamus, telah melakukan tracing dari Pasien 05. Hasil tracing, diketahui terdapat 6 (enam) orang yang memiliki kontak erat dengan Pasien 05, yang merupakan keluarga Pasien 05 karena selama di Tanggamus Pasien 05 tidak keluar rumah.

“Kamis 10 September 2020, Tim Puskesmas Talangpadang dan Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus melakukan pengambilan swab terhadap enam orang yang pernah kontak erat dengan Pasien 05, untuk dilakukan PCR Tes. Adapun ke enam orang kontak erat tersebut, saat ini tengah melakukan isolasi mandiri dirumahnya,” terang Eka.

Sedangkan untuk Pasien 06, Eka menyebut bahwa berusia 61 tahun, pekerjaan wiraswasta. Adapun riwayat perjalanan pada tanggal 1 September 2020 pasien 06 yang kesehariannya tinggal dan berusaha di Kotaagung, pulang kerumahnya di Perumahan Citraland, Bandar Lampung, kemudian pada tanggal 5 September 2020
pasien 06 mengeluhkan badannya panas, dan mendatangi Rumah Sakit Umum Abdul Muluk (RSUAM) untuk memeriksakan kondisi kesehatannya.

Oleh tenaga medis lalu dilakukan pemeriksaan RT-PCR Covid-19 di Laboratotium Patologi Klinik RSUAM.
Tanggal 9 September 2020 .

Dari hasil pemeriksaan tersebut, didapati hasil SARS COV2 Positif. Selanjutnya terhadap pasien 06 dilakukan isolasi di ruang Isolasi RSUAM, untuk mendapatkan penanganan / tindakan lebih lanjut sesuai dengan tata laksana kasus Covid-19,”papar Eka.

Atas hasil positif pasien 06 tersebut, Tim Satuan Tugas Covid 19 Kabupaten Tanggamus, telah melakukan tracing dari Pasien 06. Dari hasil tracing, diketahui terdapat 15 orang yang memiliki kontak erat dengan Pasien 06. Direncanakan Jumat tanggal 11 September 2020 akan dilakukan pengambilan swab terhadap 15 orang yang kontak erat dengan Pasien 06, untuk dilakukan PCR Tes atau Swab tes.

“Dengan penambahan kedua pasien positif ini, maka jumlah kasus Positif Covid 19 di Kabupaten Tanggamus menjadi enam orang, dengan rincian tiga orang sembuh, satu orang meninggal dunia (Kasus-01) dan dua orang dalam perawatan,”ucap Eka.

Selanjutnya Eka kembali mengingatkan masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan seperti selalu pakai masker, jaga jarak, hindari kerumunan dan sering cuci tangan pakai sabun. “Dengan menjaga diri kita, maka kita juga menjaga keluarga kita serta orang-orang terdekat kita dari penularan virus corona. Selain itu, mari kita juga terus berdoa, agar pandemi Covid 19 ini segera berakhir,”pungkas Eka.(ok/smol)

Komentar

Berita Lainnya