Bupati Lambar Membenarkan warganya positif Corona.

SINARMERDEKA.ID.LAMPUNGBARAT-Bupati Lampung Barat (Lambar) Parosil Mabsus membenarkan bahwa salah satu warganya positif corona virus dissaese (Covid-19). Yakni, merupakan warga Pekon (Desa) Pampangan, Kecamatan Sekincau.

Hal itu sesuai laporan Parosil Mabsus selaku Ketua Gugus Tugas Percepatatan Penanganan Covid 19 Lambar kepada Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Provinsi Lampung yang juga Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melalui rapat jarak jauh menggunakan zoom aplikasi, Jumat (3/4).

Dalam laporan Parosil yang didampingi Ketua DPRD Lambar Edi Novial, Kapolres Lambar AKBP Rachmat Tri Haritadi, Komdan Kodim (Dandim) O422 Lambar Letkol Benni Setiawan dan beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat juga menjelaskan situasi saat ini di Lambar.

“Yang perlu kami sampaikan kepada bapak gubernur, bahwa pada sampai saat ini ODP (orang dalam pemantauan) daripada Lampung Barat sebanyak 40 orang. Dan yang masuk PDP (pasien dalam pengawasan) satu orang dan yang sudah dinyatakan positif adalah satu orang,” katanya.

Parosil juga mengatakan bahwa orang yang positif Covid 19 merupakan S warga Pekon Pampangan, Kecamatan Sekincau.

Selain itu, Parosil juga melaporkan tindakan Pemkab Lambar dalam mengatisipasi penyebaran Covid 19. Dimana, pemerintah setempat telah mengeluarkan beberapa kebijakan. Dari penganggaran dana penanganan sampai dengan pembentukan satuan tugas (Satgas) covid 19 diseluruh kecamatan.

Adapun langkah-langkah yang telah kita lakukan terkait dengan penangan covid 19, yang pertama tentunya dengan pembiyayaan sesuai yang kita laporkan ke provinsi sebesar 14 milliar lebih.

Dan langkah-langkah yang berikutnya yaitu kita telah membuat posko penangan covid di 4 kecamatan dalam rangka melakukan pengecekat dari pada arus masuk dan keluar Lambar,” katanya lagi.

Persiapan lain baik yang telah dilakukan oleh Pemkab Lambar, antaranya penyemprotan disinfektan serentak diseluruh wilayah, persiapan penambahan ruang isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Alimudin Umar sampai dengan persiapan pemakaman untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga.

Selain itu, Parosil juga menyebut akan menggratiskan pajak bagi pengusaha rumah makan dan penginapan selama beberapa bulan kedepan. Parosil juga akan memberikan bantuan kepada lansia, ibu hamil dan warga kurang mampu diwilayah terdampak untuk memenuhi kebutuhan selama melakukan isolasi mandiri dirumah. (182/simer)

38 Views