by

Cegah DBD, UPT -Babinsa Koramil Lakukan Fogging fokus

SINARMERDEKA.ID.LAMPUNGBARaT–Cegah populasi nyamuk Demam Berdarah dengue (DBD), Dinas Kesehatan Lampung Barat (Lambar) melalui Tim Kesehatan dari UPT Puskesmas Liwa dibantu Babinsa Koramil 0422-04 Balik Bukit dan Bhabinkamtibmas Polsek Balik Bukit lakukan fogging focus (Pengasapan) di Lingkungan Serdang, Kelurahan Way Mengaku, Senin (13/2).

Dimana, hal ini sebagai langkah antisipasi penyebarluasan nyamuk DBD. Sebab, dimusim penghujan kerap dijadikan waktu untuk berkembangbiak oleh nyamuk.

loading...

Babinsa 422-04 Balik Bukit Serma Suherno mengatakan, pengasapan atau fogging yang dilaksanakan hari ini merupakan lanjutan. Dimana, sebelumnya pihaknya bersama dengan Tim Kesehatan UPT Puskesmas Liwa juga melakukan pengasapan.

“Dalam rangka mencegah berkembangnya populasi nyamuk dengan melaksanakan Fogging Focus (pengasapan) siklus tahap ke dua di Lingkungan Simpang Serdang, Kecamatan Balik Bukit, Kabupaten Lampung Barat,” katanya.

Dikatakan, pengasapan merupakan salah satu metode yang ampuh dan kerap digunakan sebagai alat pemberantasan nyamuk serta sarang nyamuk DBD.

”Kegiatan Ini kami laksanakan, mengingat kemarin ada warga yang terindikasi Demam Berdarah, Setelah diadakan musyawarah dengan Bidan Desa, Pemdes dan Puskesmas, kami segera mengambil langkah yakni dengan cara pengasapan atau fogging,” ucapnya.

Menurut Serma Suherno, lokasi-lokasi yang berpotensi dapat dijadikan sarang oleh nyamuk tidak luput dari semprotan insektisida yang dikeluarkan dengan mesin fogging.

“Fogging atau pengasapan dalam dosis tertentu ini bertujuan memberantas nyamuk dewasa, atau yang sudah bisa terbang berpindah,” jelasnya.

Sementara, Lurah Way Mengaku, Edwar menyambut baik atas diadakannya fogging di wilayahnya. Diharapkan, dengan adanya fogging yang dilakukan tidak ada lagi warga yang menjadi korban DBD.

“Mengucapkan terima kasih banyak kepada Babinsa dan Bhabinkamtibmas atas peran serta dan partisipasinya dalam membantu warganya. Besar harapan kami, mudah mudahan kedepan warga Lingkungan Simpang Serdang terbebas dari demam berdarah,” katanya. (182/simer)

Comment

Berita Lainnya