CPNS TA 2019, Siapkan Formasi Ini yang Paling Dibutuhkan

Sinarmerdeka.id, BANDARLAMPUNG– Gerbong para pengabdi Aparatur sipil Negara (ASN) kembali di buka bahkan, penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini. Beberapa kabupaten/kota mulai menyiapkan usulan kebutuhan pegawai di daerahnya, termasuk Kota Bandarlampung. 

Menanggapi penerimaan CPNS 2019, Wali Kota Herman HN mengaku telah menyiapkan kuota usulan pegawai ke pusat. Meskipun tetap beban gaji pegawai menjadi acuan orang nomor satu di Kota Tapis Berseri itu. 

“Tapi lagi melihat dulu gaji bebannya kota lagi banyak sekali maka akan dilihat dulu,” ujar Herman, Minggu (30/7/2019).

Dia menjelaskan, pihaknya telah menerima surat dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) terkait usulan CPNS 2019. 

Menurutnya, jumlah kekurangan pegawai di lingkungan pemkot cukup banyak dikarenakan banyak pegawai yang pensiun. 

“Belum lagi sekarang kan sudah sistem online atau elektronik semua otomatis tenaga orangnya berkurang juga,” jelasnya. 

Formasi tenaga yang paling dibutuhkan untuk mengisi kekurangan pegawai saat ini yaitu tenaga guru, tenaga medis di antaranya dokter, perawat, bidan itu harus diisi. “Kalau tenaga yang lainnya masih bisa dipindah putar kiri dan kanan,” lanjutnya.

Oleh karena itu, pihaknya masih akan melihat dahulu beban gaji karena bebannya ke daerah. “Kemarin ada beberapa ratus sehingga sampai beberapa miliar bisa tidak ngebangun kotanya kalau pegawai banyak-banyak,” tutupnya.

Sementara, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Wakhidi, mengatakan pihaknya belum dapat menerangkan jumlah kuota CPNS yang akan diusulkan ke pusat. 

Di samping mengingat tentang perhitungan gaji pegawai, kebutuhan khusus pegawai tenaga pendidik dan kesehatan tetap menjadi kebutuhan khusus. Dan terkait hal itu, pemkot masih menyiapkan e-formasi. 

“Ya inilah yang sedang kita persiapkan sebab antinya akan melalui e-Formasi,” ujarnya. 

Lewat e-formasi tersebut, data pegawai akan dikaitkan tentang penggajian sebab seluruhnya berhubungan dengan anggaran pemerintah daerah. 

“Itu kan terkait dengan anggaran. Tapi yang jelas untuk saat ini nanti kita siapkan untuk e-formasinya. Itulah yang lagi kita persiapkan,” jelasnya. 

Ia menambahkan, bahwa surat dari BKN terkait pengusulan CPNS tahun 2019 sudah diterima namun jumlah pengusulan belum diketahui. 

“Ya kita belum tahu karena kan masih menggunakan Analisis Jabatan (Anjab) dan Analisis Beban Kerja (ABK). Dan itulah nanti kekurangannya berapa tapi kembali lagi kita kaitkan dengan kemampuan daerah penggajian,” tutupnya. (rls/smoL)

168 Views