oleh

Di Lambar Penyebaran Covid-19 Tidak Terkedali


Lambar|21 views

LAMBAR-Kasus terkonfirmasi corona virus dissaese 2019 (covid-19) di Kabupaten Lampung Barat (Lambar) masih mengalami peningkatan bahkan tergolong tidak terkendali. Pasalnya, dalam sehari sebanyak 60 orang dinyatakan terpapar virus yang berasal dari Wuhan, China ini, Minggu (11/07/21).

Yang memilukan, peningkatan kasus positif covid-19 ini juga diiringi dengan angka kematian yang meningkat. Sebab, dalam hitungan tiga hari terakhir Sembilan pasien covid-19 meninggal dunia.

loading...

“Terhitung dari hari jumat sampai hari minggu ada Sembilan kasus kematian. Dari 45 menjadi 53 dan timbah hari ini satu kasus,” kata Satgas Penanganan Covid-19 Lambar Bidang Komunikasi Publik, Erna Yanti.

Sementara ada penambahan 60 kasus baru, lanjut Erna, tersebar di tujuh kecamatan, ataranya, Kecamatan Pagar Dewa terdapat tiga kasus yang merupakan hasil tracing kasus lama. Selanjutnya, Kecamatan Sekincau Dua kasus yang salah satunya kasus baru. Dimana yang bersangkutan sebelumnya sempat menghadiri acara nayuh khitanan (Pesta Sunatan). Serta yang satunya merupakan hasil tracing kasus lama.

Dan Delapan kasus juga ditemukan di Kecamatan Kebun Tebu, dimana kasus ini merupakan hasil tracing kasus lama. Selanjutnya, Lima kasus di Kecamatan Way Tenong tiga diantaranya hasil tracing dan dua kasus baru.

Sementara dua kecamatan lain yakni, Kecamatan Balik Bukit dan Sumber Jaya menjadi kecamatan penyumbang terbanyak angka kasus positif hari ini. Dimana, untuk Kecamatan Balik Bukit menjadi penyumbang terbanyak dengan 25 kasus dan Kecamatan Sumber Jaya menempati posisi Dua dengan 16 Kasus pada hari ini.

“Untuk Balik Bukit masih tinggi angka penularannya, sebanyak 25 kasus baru dengan 18 hasil tracing kasus lama dan tujuh kasus baru. Sementara Sumberjaya ada 16 kasus dengan rincian 12 hasil tracing dan sisahnya kasus baru,” katanya.

Erna juga tidak menampik, bahwa tiga hari terakhir angka penularan covid-19 meningkat. Total 134 kasus terjadi selama tiga hari terakhir. Dengan rincian, 32 terjadi pada hari Jumat (09/07), dan hari Sabtu (10/07) mengalami peningkatan sebanyak 42 orang positif covid-19. Serta hari ini, Sebanyak 60 kasus covid-19.

Dikatakan Erna, dalam tiga hari terakhir ini membuat angka positif covid-19 Lambar menjadi 1185 kasus sejak pertama kali terkonfirmasi dengan angka kematian mencapai 54 kasus. Dimana, 881 kasus telah selesai menjalani isolasi atau dinyatakan sembuh. Sisahnya tengah menjalani isolasi.

Dengan masih tingginya angka penularan covid-19, Erna meminta masyarakat untuk tetap waspada dan terus menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari paparan covid-19. Selain itu, pihaknya juga menghimbau agar mengurangi aktifitas diluar rimah bila tidak diperlukan. Salah satunya dengan menghindari kerumunan. (182/simer)

Komentar

Berita Lainnya