oleh

Di Lambar, Program Vaksinasi Hewan Peliharaan Over Target


Lambar|19 views

LAMBAR-Pelayanan program vaksinasi massal hewal penular rabies (HPR) secara geratis yang diadakan Dinas Perkebunan dan Pertenakan (Disbunak) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) disambut baik oleh masyarakat. Khususnya para pecinta hewan peliharaan yang ada diwilayah setempat.

Pasalnya, program pelayanan vaksin geratis ini telah over target. Dimana, Disbunak Lambar sejatinya menargetkan 1200 vaksin HPR ditahun 2020. Namun, realisasi per Bulan Oktober telah mencapai angka 1648 vaksinasi HPR.

loading...

Kepala Bidang (Kabid) Perternakan di Disbunak Lambar, Alma Arif saat dikonfirmasi, Rabu (21/10/20) mengatakan, kesadaran masyarakat akan bahayanya virus rabies cukup tinggi di Lambar. Hal ini sejalan dengan apa yang diinginkan melalui program vaksinasi HPR.

Data per Oktober telah melampau target yang telah ditentukan. Namun ini merupakan cermin kesadaran masyarakat yang cukup tinggi akan bahayanya virus rabies,” katanya.

Dikatakan Arif, pecinta hewan peliharaan di Lambar kini mengalami peningkatan. Meski demikian, kesadaran dari masyarakat juga mulai tinggi akan kesehatan dari hewan peliharaan itu sendiri. Meskipun, saat ini belum ada komoditas atau organisasi pecinta hewan pemeliharaan di Lambar.

Dengan itu, pihaknya kedepan akan tetap memberikan pelayanan vaksin untuk mengantisipasi penularan virus yang juga dapat ditularkan kemanusia melalui gigitan tersebut.

Saat ini kita masih fokus pada pelayanan vaksin dan sosialisasi akan bahayanya virus atau penyakit yang dapat menjangkit hewan peliharaan. Belum mengarah pada pembinaan organisasi pecinta hewan peliharaan,” katanya.

Arif mengatakan, meski saat ini vaksinasi HPR telah melampaui target tidak membuat pelayanan vaksin ini dihentikan. Dimana Disbunnak masih melayani vaksinasi HPR bagi masyarakat yang memiliki hewan peliharaan.

Caranya sangat mudah, dengan datang langsung membawa hewan peliharaan ke tempat pelayanan kesehatan yang ada di beberapa wilayah.

Antaranya, Dinas Perkebunan dan Perternakan atau Kesehatan Hewan (Keswan) Balik Bukit untuk masyarakat yang berdomisilit disekitar Kota Liwa. Selanjutnya Keswan Lumbok Seminung, Keswan Way Tenong dan Keswan Gedung Suriah.

“Kita masih melayani vaksinasi bila ada masyarakat yang ingin mengvaksin HPR, tinggal datang dan pasti kita layani,” ucapnya. (182/smol)

Komentar

Berita Lainnya