oleh

Disdik Tanggamus Lakukan Assessment Paud-SLTP

GISTING— Dinas pendidikan (Disdik) kabupaten Tanggamus sejak 9 September sudah melaksanakan Assessment terhadap satuan pendidikan dalam hal ini sekolah mulai dari jenjang Paud hingga SMP. Hal ini dalam rangka memastikan kesiapan sekolah belajar tatap muka di masa Pandemi Covid 19.

Sekretaris Disdik Tanggamus Lauyustis bahwa ada 20 item yang menjadi perhatian pihaknya saat melakukan assessment ke sejumlah sekolah, apabila dari 20 item yang telah di tetapkan tersebut sekolah tidak memenuhi, maka disdik tidak akan memberikan surat rekomendasi kepada sekolah untuk membuka belajar secara tatap muka.

loading...

Untuk jumlah sekolah di Kabupaten Tanggamus ada sebanyak 996 mulai dari PAUD, SD dan SMP yang memang dibawah binaan pemerintah daerah dalam hal ini Disdik Tanggamus.

Jika dari 20 item beberapa poin item sekolah masih kekurangan maka bisa dilengkapi selanjutnya bisa meminta Assessment ulang,”kata Lauyustis mewakili Kadisdik Aswien Dasmi yang ditemui usai melakukan Assessment di SMPN 1 Gisting, Senin (14/9).

Dilanjutkan Lauyustis bahwa hasil
Assessment ini akan direkapitulasi, lalu selanjutnya dilaporkan kepada bupati selaku ketua Satgas Covid Tanggamus kemudian dirapatkan dengan unsur Satgas.

Hasil assessment akan dikaji oleh satgas Covid dan keputusan final ada dibupati,”kata dia.

Masih kata Lauyustis bahwa yang mendasari belajar tatap muka ini, kabupaten Tanggamus harus berada pada zona hijau dan kuning, apabila kedepan status dikabupaten Tanggamus berubah menjadi oranye maka secara otomatis kegiatan belajar tatap muka tidak bisa digelar, karena amanat mengacu pada SKB empat menteri dan daerah-daerah yang bisa melakukan sekolah tatap muka ini harus berada dalam zona hijau dan kuning.

” Kita lihat perkembangan kedepannya, sebab keputusan bisa atau tidaknya sekolah tatap muka dapat dilaksanakan bukan ranah Disdik Tanggamus, segala sesuatu dan aspek pertimbangan itu ada di Satgas Covid 19 Tanggamus, kami hanya melakukan assessment dan verifikasi saja,”jelas Lauyustis.

Kemudian saat disinggung mengenai assessment dan verifikasi di SMPN 1 Gisting ia menyebut bahwa SMPN 1 Gisting sudah siap secara sarana dan prasarana dalam menggelar KBM tatap muka.

” Sarana dan prasarana, serta sumber daya manusianya tadi sama-sama kita lihat, pada prinsipnya sekolah SMPN 1 Gisting cukup siap, hanya tinggal penyempurnaan sedikit lagi dalam persiapannya tersebut. Tujuan utamanya adalah untuk menjaga kesehatan siswa, guru dan orang tua murid itu yang menjadi prioritas utama di dalam satuan pendidikan ini,”tandasnya.

Sementara itu Kepala SMPN 1 Gisting Sunarmi menyampaikan, persiapan di SMPN 1 Gisting telah mencapai hampir kurang lebih 90 persen, hanya tinggal proses penyempurnaan di beberapa bagian yang tinggal sedikit lagi.

” Saya sangat optimis SMPN 1 Gisting pasti siap dalam menyambut kegiatan belajar secara tatap muka nantinya, persiapan sudah lebih dari 90 persen dan kami siap menerapkan protokol kesehatan pada saatnya nanti,”tandas Ketua MKKS itu.(ok/smol)

Komentar

Berita Lainnya