Disdukcapil Tanggamus Alami Kekosongan Blangko E-KTP

Ilustrasi: SINARMERDEKA.ID

Sinarmerdeka.id, KOTAAGUNG–Hingga Jumat (21/6) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tanggamus masih mengalami kekosongan blangko e-KTP sehingga sementara tidak bisa melakukan pencetakan.

Kepala Disdukcapil Tanggamus Syarif Husin mengatakan kekosongan blangko sudah hampir satu pekan lebih. Pihaknya sendiri mengaku sudah mengajukan usulan kepusat, namun hingga Jumat kemarin belum juga direalisasikan.

“Infonya Selasa (25/6) besok blangko sudah tersedia kembali, dan staf yang akan berangkat ke Jakarta untuk mengambil blangko tersebut,” ujar Syarif, Minggu (23/6).

Dikatakan Syarif bahwa pihaknya mengajukan blangko e-KTP kepusat sebanyak 10 ribu-15 ribu keping blangko, namun jumlah pengajuan tersebut belum tentu direalisasikan oleh pusat. “Sepertinya usulan kita tersebut berat untuk direalisasikan mengingat permintaan dari daerah lain juga banyak, paling kita diberi jatah 500 keping blangko,” ujar dia.

Jika memang pusat hanya merealisasikan sebanyak 500 keping blangko e-KTP maka jumlah tersebut masih kurang banyak, sebab jumlah antrean e-KTP yang mau dicetak saja sebanyak 1.500. “Ya, harus bersabar, karena terbatas jadi dicetak bertahap, tapi itu tidak masalah karena sudah kita keluarkan surat keterangan (Suket) yang fungsinya sama seperti e-KTP,” pungkas Syarif. (smoL)

169 Views