Diskes Lambar himbau waspadai Siklus DBD

SINARMERDEKA.ID.LAMPUNGBARAT-Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Barat (Lambar) himbau warga untuk waspada memasuki siklus lima tahunan demam berdarah dengue (DBD) yang jatuh pada tahun 2020 ini.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit di Dinas Kesehatan Lambar, Ira Permata Sari saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Senin (13/1) mengatakan, bahwasanya siklus 5 tahunan DBD dimulai dari pertengahan tahun 2019 sampai dengan pertengahan tahun 2020 ini. Dengan itu, pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan selalu menjaga kebersihan lingkungan, terutama dirumah masing-masing.

“Kita telah memberikan surat edaran yang telah dikirim ke semua kecamatan. Dimana, himbauan untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan dan rumah masing-masing,” katanya.

Dikatakan Ira, meski secara teori Lambar tidak memasuki wilayah endemik DBD. Kalau dilihat dengan faktor wilayah Lambar yang berada diketingian. Namun, hal tersebut tidak menjadi jaminan dengan adanya perubahan iklim yang terjadi.

“Kembali lagi ke zaman yang sudah berubah dan banyaknya riwayat berpegian ke luar kota yang dilakukan masyarat,” ucapnya.

Ira menjelaskan, bahwa ditahun 2019 terdapat 95 kasus DBD di Lambar. Dari 95 kasus tersebut diketahui 1 orang meninggal dunia. Sementara, memasuki awal tahun 2020 telah terjadi 8 kasus positif DBD.

“Ada yang meninggal dunia. Tapi, ada faktor lain yang mempengaruhinya,” ucapnya.

Masih kata Ira, berdasarkan hasil turun lapangan yang dilakukan oleh Diskes Lambar beberapa waktu lalu, ditemukan jentik nyamuk DBD dibeberapa kecamatan. Antaranya, Kecamatan Balikbukit, Lombok Seminung dan Batu Ketulis.

“Pernah ditemukan jentik nyamuk dibeberapa tempat. Dengan itu, kami berharap masyarakat tetap waspada dan selalu menjaga kebersihan lingkungan dan rumah masing-masing,” ucapnya. (182/simer)

35 Views