oleh

Disos Kabupaten Tanggamus Rehabilitasi Puluhan ODGJ

SINARMERDEKA.ID–Dinas Sosial (Disos) Kabupaten Tanggamus tahun ini telah merehabilitasi puluhan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Dalam rehabilitasi ODGJ ini, Disos bekerjasama dengan Yayasan Aulia Rahmah Bandar Lampung.

loading...

Menurut Kepala Seksi Rehabsos,Indra Mahyuddin, kuota rehabilitasi ODGJ di tahun 2021 sebanyak 20 orang.

“Alhamdulillah kuota tersebut sudah terpenuhi,”kata Indra mewakili Kepala Disos Tanggamus Zulfadli, Senin 22 November 2021.

Dilanjutkan, Indra bahwa yang menjadi prioritas ODGJ untuk direhab adalah ODGJ yang sudah sangat meresahkan seperti sering melukai atau bahkan mengancam keselamatan nyawa.

“Yang kami prioritaskan untuk rehab adalah ODGJ meresahkan seperti mengancam keselamatan anggota keluarga maupun masyarakat dan ODGJ menggelandang.

Bisa juga atas permintaan dari keluarga namun dengan catatan orang tersebut benar-benar tidak mampu,”kata Indra.

Dilanjutkan Indra bahwa untuk penanganan satu ODGJ diperlukan waktu tiga bulan dengan biaya per orang mencapai Rp7 juta.

“Jadi saat di Yayasan Aulia Rahmah itu kebutuhan pakaian, makanan dan obat-obatan semua ditanggung,”katanya.

Masih kata Indra bahwa dari 20 orang yang telah dirawat di Yayasan Aulia Rahmah tersebut terdiri dari 13 laki-laki dan tujuh perempuan, usianya rata-rata 30 an tahun.

“Berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah, ODGJ setelah dirawat di yayasan tersebut sembuh, cuma kembali lagi kepada pihak keluarga, kalau mereka ODGJ setelah dinyatakan sembuh tidak mendapat perhatian maka bisa kambuh lagi,

jadi sangat dibutuhkan dukungan dari keluarga, contoh kecilnya obat-obatan, itukan dari yayasan obat ditanggung hanya satu bulan, setelahnya itu mandiri, kalau orang tidak mampu maka bisa menggunakan fasilitas BPJS,”pungkas Indra.(0y/simer)

Berita Lainnya