by

Doit BMI, Pahlawan Digital Bagi 250 Ribu Anggota Kopsyah BMI

JAKARTA- Persaingan 20 Inovator Pahlawan Digital UMKM semakin ketat jelang sesi pitching 20-21 Oktober . 10 yang terbaik nantinya akan membantu mengembangkan UMKM digital di Indonesia. Diketahui, mereka yang mengikuti lomba yang diinisiasi Kementerian Koperasi dan UKM adalah para inovator teknologi digital yang fokus membantu UMKM mulai dari market place, pelatihan dan pemberdayaan, penyedia jasa manajemen keuangan, sampai jasa perangkat lunak.

Kriteria penilaian Dewan Juri antara lain terkait visi dan misi, model bisnis, kerja sama tim, kualifikasi founders, kesinambungan, dan pencapaian masing-masing inovator dalam membantu digitalisasi UMKM selama ini.

loading...

Dari sekian kriteria tersebut, Doit BMI menjadi startup yang terpilih. Aplikasi digital yang digunakan oleh 250 ribu anggota Koperasi Syariah Benteng Mikro Indoensia (Kopsyah BMI) itu terpilih di antara beberapa platform lainnya  seperti AppOn, Ayowebs, Auto Pilot Store, Boleh.id, Booble.id, Cabang, dan Chatbiz.id. Ada juga CrediBook, Gets.id, Hey Indonesia, Keroncongantar.com, Klik Direktori, dan Kopral. Selain itu, ada Lapak Cerdas, Lowcost Indonesia, Optima UKM, Plaza Dayeuhluhur, Restoku, Soodu.id, Kururio, Finata dan GardhaCatering.

Salah satu barcode pembayaran digital Doit BMI di Gerai Tangerang Gemilang. (Foto : KlikBMI)

Dilansir dari laman resminya, Doit BMI merupakan aplikasi berbasis Web Apps ini sangat familiar dan mudah diakses oleh anggota dengan jenis handphone apapun, karena designnya yang simple, ringan dan tidak perlu di download dengan ukuran bytes yang besar. Cukup dibuka dengan meng klik di google search (mesin pencari google), maka doitBMI akan muncul dan siap diakses dengan cepat.

Presiden Direktur Koperasi BMI, Kamaruddin Batubara menjelaskan bahwa seluruh aspek teknologi yang diaplikasikan dalam sistem pelayanan dan pergerakan usaha di Koperasi BMI bermuara pada pemenuhan kebutuhan anggotanya.” Doit BMI merupakan penunjang kemudahan anggota untuk saling berinteraksi di seluruh unit usaha Koperasi BMI. Kami sangat senang  Doit BMI masuk 20 besar pada program ini, ” tegas Kamaruddin Batubara

Presiden Kopsyah BMI Kamaruddin Batubara

Sementara, DoitBMI yang memiliki tagline, satu aplikasi, berbagai kemudahan ini merupakan uang digital yang bisa di top up dari simpanan sukarela anggota, dikonversi dari sebagian gaji karyawan, dan menjadi sarana transaksi penjualan dan pembelian produk secara digital antar anggota.  Wakil Presiden Kopsyah BMI Radius Usman menjelaskan Doit BMI juga  menjadi penghubung antara Koperasi Simpan Pinjam Benteng Mikro Indonesia dan Koperasi Konsumen Benteng  Muamalah Indonesia (BMI).

”DoitBMI juga bisa digunakan untuk belanja berbagai kebutuhan anggota, baik itu di minimarket dan grosir, di toko bangunan, di café dan unit usaha lainnya milik Kopmen BMI. Koperasi BMI, kini terus mengembangkan jaringannya, hingga ke depan seluruh warung anggota akan menggunakan doitBMI dalam transaksi pembayarannya dengan sesama anggota,” tandasnya.

Wakil Presiden Kopsyah BMI, Radius Usman (Foto: KlikBMI)

Sebagai informasi, Pahlawan Digital UMKM adalah sebuah program yang hadir untuk memberi apresiasi kepada para inovator digital UMKM. Sekaligus menjaring inovator muda lain yang sudah memulai inovasi untuk membantu UMKM. Dalam program ini, Putri Tanjung yang berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM, bertujuan untuk menemukan dan mendukung lebih banyak lagi tech startup, SaaS, dan/atau gerakan sosial yang bertujuan untuk membantu UMKM terdigitalisasi.

Sebelumnya,  Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki optimis lewat program pahlawan digital ini, maka UMKM akan naik kelas. Apalagi dengan situasi pendemi saat ini, dimana banyak konsumen yang beralih pada transaksi digital. Sehingga transisi UMKM menuju digital juga akan membawa kemajuan bagi kelangsungan UMKM.

“Optimisnya, dari pandemi covid-19 saja banyak inovasi digital yang baru, platform digital yang saya kira diinisiasi oleh anak muda yang luar biasa. Dan kita kaya, banyak sekali anak muda yang punya inovasi bisnis termasuk aplikasi digital,” kata Teten dalam Press Conference Pahlawan Digital UMKM – 30 Inovator Digital Umkm, beberapa waktu lalu. (gar)

Comment

Berita Lainnya