oleh

Duh Mirisnya Nasib Sampangturus Wonosobo Tanggamus Kondisi Ternyata

SINARMERDEKA.ID–Pembangunan infrastruktur di Pekon Sampangturus, Kecamatan Wonosobo, masih jauh tertinggal dibandingkan dengan pekon-pekon lainya yang ada di Kabupaten Tanggamus.

Minimnya realisasi pembangunan yang dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus di Pekon Sampangturus tidak hanya membuat kondisi infrastruktur jalan kian buruk,

loading...

Tetapi juga sekaligus menjadi ujian kesabaran bagi warga disana. Bagaimana tidak, hingga kini warga disana masih terpaksa menyebrangi beberapa aliran kali yang menjadi satu-satunya akses keluar masuk pekon.

Hal itu akibat tidak kunjung dibangunnya jembatan yang telah lama dinantikan warga.

“Dari dulu sampai sekarang ya masih seperti ini aja. Jalan masih rusak, jembatan nggak juga dibangun,”kata Soleh, warga setempat, kemarin.

Sementara itu, Udin (40), warga lainya menjelaskan bahwa adanya akses jembatan memang sangat dibutuhkan warga karena peranya cukup vital.

yakni untuk mempermudah akses transportasi, termasuk dalam mengangkut hasil bumi maupun menuju tempat pendidikan.

“Padahal hasil bumi disini sangat melimpah, tapi sayang jalanya jelek betul.

Apalagi kalau sudah musim hujan dan kali Sampangnya banjir, jadi nggak bisa lewat, harus nunggu sampai surut dulu, baru bisa lewat,” bebernya.

Menurutnya, kondisi jalan di Pekon Sampangturus juga masih berupa onderlagh dan tanah.

Ironisnya, jika musim hujan maka jalan tersebut jadi sulit dilewati karena kondisinya berlumpur dan licin.

Belum lagi banyak jalan yang menanjak dan berbelok, sehingga pengendara harus ekstra hati-hati.

“Panjang jalan yang rusak ini ada sekitar tiga hingga empat kilometer,” ujarnya.

Ia berharap agar Pemerintah Kabupaten Tanggamus, dapat merealisasikan pembangunan infrastruktur baik jalan maupun jembatan.

Karena sarana infrastruktur tersebut memang sangat diharapkan sebagai penunjang kelancaran transportasi warga.

“Kami hanya berharap bagaimana caranya jembatan dan jalan di Sampangturus bisa dibangun. Dan itu adalah tugas dari pemerintah,” ungkapnya

Sementara, Kepala Bidang Bina Program, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Toni Saputra, menyatakan bahwa, Pemkab Tanggamus tetap berkomitmen

Untuk melaksanakan pembangunan secara merata diseluruh wilayah Kabupaten Tanggamus termasuk di Pekon Sampang Turus sesuai dengan visi misi bupati dan wakil bupati Tanggamus.

“Untuk tahun ini ada pembangunan infrastruktur di Pekon Sampang Turus yaitu pembangunan jalan Sumur Tujuh-Sampang Turus.

Sedangkan untuk pembangunan jembatan, memang sudah menjadi perhatian bupati Tanggamus, tahun depan insyaallah akan dilakukan cek lokasi oleh bidang terkait,”kata Toni Saputra mewakili Kepala Dinas PUPR Tanggamus Riswanda Djunaidi.

Toni Saputra melanjutkan, bahwa untuk pembangunan kendati sudah masuk dalam rencana, namun belum pasti terealisasi hal ini lantaran tetap melihat ketersediaan anggaran pemerintah daerah.

“Kami lihat dulu nanti berapa pagu anggaran yang diberikan kepada dinas PUPR untuk bisa merealisasikan pembangunan infrastruktur dengan melihat urgenitas dan kebutuhan yang ada,”pungkas Tosa sapaan akrab Toni Saputra.(Mario/simer)

Berita Lainnya