oleh

Fokus Raih Proklim Utama, Bupati Garut Kungker Ke Tanggamus Lampung

KOTAAGUNG—Bupati Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, Rudy Gunawan bersama jajaran melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Tanggamus, Jumat (9/10).

Kedatangan orang nomor satu dijajaran Pemerintah Kabupaten Garut di Kantor Bupati Tanggamus tersebut disambut Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani, Wabup Hi.A.M.Syafii dan Sekda Tanggamus Hamid H Lubis.

loading...

Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan bahwa tujuan kunker ke Tanggamus dalam rangka belajar agar Garut bisa meraih penghargaan Proklim Utama dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Tanggamus sendiri merupakan salah satu kabupaten yang meraih Proklim Utama tahun 2019 lalu.

“Kami baru tingkat provinsi belum pernah meraih Proklim Utama tingkat nasional, maka dari itu kami datang ke Tanggamus untuk belajar, sebab sekarang di Garut terjadi peningkatan suhu,

Apalagi jika dilihat demografi antara Tanggamus dan Garut memiliki persamaan,” kata Rudy dalam sambutannya.

Dilanjutkan Rudy, bahwa dirinya juga salut dengan apa yang dilakukan Pemerintah daerah Tanggamus dan juga pemerintah desa yang memiliki komitment dalam hal memperhatikan lingkungan.

“Disini (Tanggamus) ada beberapa perencanaan yang dikelola pemerintah daerah dan pemerintah desa yang kemudian menggerakkan masyarakat, membuat kesadaran sendiri dan membuat inovasi dan tentu dengan dedikasi. Hal inilah yang menjadikan Tanggamus sudah mendapat perhatian dari kementerian lingkungan hidup,” puji Rudy.

Selain, program kampung iklim yang berjalan baik di Tanggamus, terus Rudi, Pemkab Tanggamus juga kaya akan inovasi yang patut dicontoh seperti memperhatikan kesehatan dari para lansia dengan layanan home care serta pengadaan alat USG di Puskesmas untuk menurukan angka kematian ibu hamil dan bayi.” Saya rasa seluruh Indonesia, baru bupati Tanggamus yang mengadakan alat USG di Puskesmas dan ini bagus,” kata Rudy.

Ditempat yang sama Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada bupati Garut dan rombongan dari Pemerintah Kabupaten Garut, yang telah hadir di Kabupaten Tanggamus.

“Harapan saya, semoga kegiatan kunjungan kerja ini nantinya dapat berlangsung dengan baik dan lancar sehingga apa yang kita harapkan dapat terwujud yaitu mempererat hubungan kerjasama antar 2 (dua) kabupaten, juga memperkuat ketahanan masyarakat dalam menghadapi perubahan iklim yang pasti akan terjadi diwilayah kita masing-masing,” ujar Dewi Handajani.(rza/smol)

Komentar

Berita Lainnya