oleh

HUT ke-20 Kabupaten Tanggamus

Sinarmerdeka.id, KOTAAGUNG – Kabupaten Tanggamus genap berusia 20 tahun, Selasa (21/3). Usia yang sudah tak lagi muda, melainkan dewasa. Dalam amanatnya, Wakil Bupati Tanggamus Hi. Spirit HUT ke-20 Tanggamus, menjadi alasan kuat pemkab untuk menjadikan tema “Kita Tingkatkan Akselarasi Pembangunan Ekonomi Kerakyatan Berlandaskan Iman dan Taqwa”, bukan sekedar retorika belaka dan slogan tanpa makna. Tetapi harus menjadi ajakan dan tekad, untuk dapat bertindak dan beraksi nyata, agar tanggap pada tantangan dan perkembangan zaman.

Untuk memperingati hari jadi ke-20 tahun Bumi Begawi Jejama sekaligus Dirgahayu ke-53 Provinsi Lampung, digelar Upacara peringatan HUT di Lapangan Merdeka Kecamatan Kotaagung. Dalam upacara tersebut, Samsul Hadi bertindak sebagai Inspektur Upacara dengan Komandan Upacara Kapten (Inf) Juliani Abri dan Perwira Upacara Kapten (Arh) Tuparno. Lalu ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan bertugas membacakan riwayat singkat berdirinya Kabupaten Tanggamus.

loading...

Upacara diikuti seluruh pegawai di lingkup pemkab dan para murid sekolah itu, turut dihadiri Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Andi Wijaya, S.T., M.M., Wakil Ketua TP PKK Tanggamus Hj. Af’illah Samsul Hadi, Wakil Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Tanggamus Arjuliati Syam Andi Wijaya, Forkopimda Tanggamus, Anggota DPRD, dan seluruh kepala SKPD, seluruh camat, para tokoh masyarakat/adat/pemuda dan Ormas.

Samsul Hadi mengatakan, rasa cinta dan rasa memiliki Kabupaten Tanggamus, hendaknya tercermin dalam sikap dan terwujud dalam tingkah laku setiap diri pribadi masyartakat Tanggamus. Rasa cinta dan bangga, juga harus termanifestasi dalam kerja keras, kerja ihklas, dan kerja cerdas, sesuai dengan potensi dan profesi masing-masing.

“Sehingga semangat tersebut tidak hanya indah dalam tataran kognisi dan retorika, tapi menjelma dalam implementasi dan karya nyata. Saya berharap, HUT ke-20 menjadi momentum evaluasi segala pencapaian maupun hal yang telah disumbangkan untuk Kabupaten Tanggamus. Khususnya dalam mendorong terciptanya Kabupaten Tanggamus yang lebih maju, sejahtera, agamis, dan mandiri dengan kerja yang produktif demi meraih cita-cita dan harapan masa depan yang lebih gemilang,” kata wabup.

Tak hanya di situ, esensi HUT ke-20, dia melanjutkan, juga harus menjadi motivasi dalam melaksanakan pembangunan yang berkeadilan, untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan serta maju dan sejahtera lahir dan batin. Tentunya berlandaskan iman dan taqwa.

“Sampai saat ini anggaran yang dikucurkan secara langsung kepada pekon, baik dari APBN maupun APBD Kabupaten Tanggamus, satu pekon menerima lebih dari Rp1 miliar, meningkat hingga 70 persen dibanding tahun lalu yang rata-rata menerima Rp600 juta. Komitmen Pemkab Tanggamus dalam prioritas pengembangan pekon, harusnya menjadikan semangat perubahan untuk menjadi lebih baik, bagi para aparat pekon sampai dengan masyarakatnya,” pungkas Samsul.

Usai upacara, Samsul Hadi berserta rombongan melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Bahagia di Kotaagung Timur, lalu ramah tamah dengan para tokoh dan forkopimda di rumah dinas wabup. Kemudian acara dilanjutkan dengan pengajian akbar dengan menghadirkan Ustadz Wijayanto di Masjid Nurul Fa’idzin Islamic Center Kotaagung. Sebelum upacara puncak peringatan HUT, pemkab lebih dulu menghelat Tanggamus Expo 2017 di Lapangan Pekon Landsbaw, Kecamatan Gisting, dari Kamis (16/3) sampai Minggu (19/3). Pameran pembangunan itu menjadi sarana andalan pemkab untuk mengekspose potensi multiaspek dan hasil pembangunan yang dicapai Pemkab Tanggamus. Suasana kian semarak dengan penerbangan ratusan lampion dan penampilan artis ibukota, Duo Intan. (rio)

Komentar

Berita Lainnya