oleh

Jangan Abaikan Suara Disabilitas, Sudibyo Minta KPU Mampu Memberikan Pendampingan

SUKADANA – Calon Wakil Bupati Lampung Timur Ahmad Sudibyo berharap Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyiapkan petugas pendamping bagi kaum disabilitas yang akan menggunakan hak suaranya pada Pilkada Serentak 2020 di wilayah itu.

“Dengan disiapkannya petugas pendamping, setidaknya peran serta disabilitas dalam menyampaikan hak pilihnya benar-benar terealisasi,” terang Ahamd Sudibyo, Rabu (02/12/2020).

loading...

Keperluan pemilih disabilitas harus pula disiapkan. Sehingga mereka bisa menggunakan hak pilihnya dengan baik. Minimal langkah ini mampu menaikan angka partisipasi publik.

Langkah lain, sambung Ahmadi Sudibyo KPU menggandeng relawan dengan menyasar kalangan disabilitas. “Sekali lagi kami tekannya. Bahwa penyandang disabilitas juga memiliki hak dan peran penting dalam pesta demokrasi, karena itu mereka harus diberikan sosialisasi untuk menggunakan hak politiknya,” jelasnya.

Menurut dia, penyandang disabilitas sama-sama membutuhkan perhatian khusus, sama dengan warga lainnya. Karena itu, bentuk keseriusan KPU Lampung Timur terhadap penyandang disabilitas dengan menghadirkan para relawan demokrasi.

PAsangan Zaiful Bokhari-Ahmad Sudibyo bersedia membantu menyuarakan aspirasi penyandang disabilitas untuk tetap mendapatkan hak yang sama dalam pesta demokrasi.

“Setidaknya memperhatikan logistik pilkada untuk penyandang disabilittas, misalnya menyediakan template yang berhuruf Braille bagi yang tunanetra,” jelasnya.

Karena itu, katanya, pihaknya senantiasa merangkul aktivis demokrasi di lapangan untuk membantu mensosialisasikan “voter education” atau pendidikan politik.

“Pilkada Lampung Timur merupakan pesta kita semua, Jadi semua suara berhak didengar dan semua pemilih berhak menentukan siapa pemimpinnya tanpa terkecuali,” tegas pasangan dengan nomor urut 2 itu. (oke/sep)

Komentar

Berita Lainnya