by

Kabar Bohong Cenderung Mendelegitimasikan Lawan Politik, Zaiful Bokhari: Jangan Mau Dipecahbelah

SUKADANA – Calon Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari mengajak generasi muda untuk membangun benteng ideologi bangsa untuk menghadapi kondisi yang berkembang saat ini.

“Kesadaran atas keberagaman yang kita miliki akan menjadi kekuatan besar membangun Lampung Timur,” tutur Zaiful Bokhari, Jumat (27/11/2020).

loading...

Kekuatan itu ditambah jika sumber daya manusianya juga berdaya saing untuk memperoleh manfaat positif dari globalisasi.

“Saya mengajak generasi muda bangsa, untuk menjawab berbagai tantangan dan ancaman kebangsaan tersebut dengan membangun ideologi bangsa. Jangan mau dipecahbelah,” kata dia.

Soal pentingnya merawat kebangsaan atau membangun benteng ideologi bangsa salah satunya agar rakyat tidak termakan hoaks yang memecah belah.

“Lahirnya konflik sosial atau konflik horizontal di masyarakat lebih sering terjadi karena dipicu kesalahpahaman,” ungkapnya.

Dalam kasus Pilkada misalnya, kabar hoaks cenderung dibuat untuk mendelegitimasikan lawan politik, yang secara alamiah akan memicu lahirnya berita-berita hoaks tandingan dari lawan politik.

Ketika titik kulminasi telah mencapai klimaksnya, masyarakat khususnya pendukung masing-masing kubu yang telah terpolarisasi pada dua kutub berseberangan akan sangat mudah terjebak pada pecahnya konflik sosial.

Di era kemajuan teknologi informasi yang berkembang dengan sedemikian pesat, arus informasi begitu deras menjejali ruang publik melalui berbagai pijakan digital.

“Dalam konteks ini, masyarakat perlu memahami mengenai berbagai jenis informasi yang tidak benar, agar lebih bijaksana dalam menyikapi,” kata dia.

Berbagai jenis informasi yang tidak benar tersebut dapat berupa mis-informasi atau penyebaran informasi yang tidak tepat, karena ketidaktahuan.

“Maka menjelang 9 Desember saya mengajak masyarakat Lampung Timur, mampu menyerap infomasi dengan baik. Tak termakan isu yang disampaikan. Dalami kebenarannya, jaga situasi Lampung Timur aman terkendali,” jelasnya. (man/tap)

Comment

Berita Lainnya