Kapolres Jakarta Selatan Dimutasi ke Polda Lampung

SINARMERDEKA.ID.JAKARTA – Sejumlah peja­bat Polri terkena mutasi, salah satu pejabat yang terkena ro­tasi adalah Kapolres Metro Jakarta Selatan, Komisaris Be­sar Bastoni Purnama. Bastoni digantikan Kombes Budi Sar­tono yang sebelumnya menja­bat Direktur Reserse Narkoba Polda Sulbar.

“Komisaris Besar Bastoni Purnama diangkat dalam ja­batan baru sebagai Karolog Polda Lampung,” seperti diku­tip Telegram tersebut.

AKBP Alpen yang sebelum­nya menjabat Kasubbaglap Bagvisilap Rowassidik Bareskrim Polri menggantikan Posisi Budi Sartono sebagai Di­rektur Reserse Narkoba Polda Sulbar.

Selain Bastoni, beberapa pe­jabat Polda Metro Jaya juga ter­kena mutasi. Kapolres Cirebon Kota, AKBP Roland Ronaldy akan berada di jabatan baru sebagai Kapolres Bogor Kota menggantikan AKBP M Joni. M. Joni digantikan karena ha­rus mengisi posisi baru sebagai Wakil Direktur Pengamanan Objek Vital Polda Metro Jaya.

Selain itu Posisi Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok akan ditinggalkan AKBP Reynold Elisa P Hutagalung karena akan diangkat jadi Sekpri Ka­polri Spripim Polri. AKBP Kurniawan Tandi Rongre akan menempati posisi Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok.

Sementara itu, Karopenmas Divhumas Mabes Polri, Brigjen Argo Yuwono membenarkan ketika dikonfirmasi telegram tersebut. “Ya dalam rangka pe­nyebaran organisasi,” ucap dia.

Sebelumnya, Kapolri Jende­ral Pol Idham Azis memutasi sejumlah pejabat utama Mabes Polri dan para kapolda. Mutasi tersebut tertuang dalam Su­rat Telegram Kapolri Nomor ST/385-388/II/KEP./2020 ter­tanggal 3 Februari 2020.

“Ya benar. Rotasi jabatan itu hal biasa, dalam rangka tour of duty dan tour of area,” kata Mutasi para pejabat Polri ini dikonfirmasi oleh Karo Binkar SSDM Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo.

Dalam surat telegram terse­but tercatat Kadivhubinter Pol­ri Irjen Pol H.S. Maltha dimu­tasi menjadi Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri. Posisi yang ditinggalkan Maltha akan diisi oleh Brigjen Pol Napoleon Bonaparte yang sebelumnya menjabat se­bagai NCB Interpol Indonesia Divhubinter Polri.

Sejumlah kapolda yang mengalami pergeseran jabatan di antaranya Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono dimutasi menjadi Analis Ke­bijakan Utama Itwasum Polri. Posisi Kapolda Kalbar yang ko­song diisi oleh Irjen Pol Remig­ius Sigid Tri Hardjanto yang sebelumnya menjabat Kapolda Sulut.

Kapolri menunjuk Irjen Pol Royke Lumowa yang sebelum­nya merupakan Kapolda Ma­luku untuk menempati kursi Kapolda Sulut. Kemudian Ka­polda Sulbar Brigjen Pol Ba­harudin Djafar diangkat untuk menempati jabatan yang di­tinggalkan Royke.

Kapolda Aceh Irjen Pol Rio Septianda Djambak dimu­tasi menjadi Kepala Sespim Lemdiklat Polri. Wakapolda Kalteng Brigjen Pol Rikwanto diangkat sebagai Kapolda Malut.

Di lingkup Bareskrim Polri, Kapolri Idham juga merotasi jajarannya di antaranya Direk­tur Tipid Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Pol Eko Daniyan­to ditugaskan di Badan Nar­kotika Nasional. Posisi yang ditinggalkan Eko selanjutnya diisi oleh Kombes Pol Krisno Halomoan Siregar yang sebelumnya menjabat Wakil Direktur Tipid Narkoba Bareskrim.( jon/Ant/simer)

20 Views