Kemenag Tanggamus Undang 100 Tokoh Lintas agama-Ciptakan Iklim Kedamaian Umat

Sinarmerdeka.id, GISTING–Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tanggamus menggelar Dialog Kerukunan Umat Beragama, Senin (15/4) di Aula Serumpun Padi Kecamatan Gisting.

Kegiatan yang diikuti 100 orang dari tokoh lintas agama tersebut dibuka Kepala Kantor Kemenag Tanggamus Hi. Murdi Amin. Adapun narasumber terdiri dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung Hi. Suhaili dan Kasi Datun, Kejari Tanggamus Faisal.

Murdi Amin mengatakan 100 orang lintas agama tersebut terdiri dari agama Islam, Hindu, Budha, Katolik dan Kristen. Kemudian ormas Islam seperti Muhammadiyah, NU, MUI, LDII, GP Ansor dan Pemuda Muhammadiyah. Lalu juga melibatkan guru, pengawas, kepala kantor urusan agama (KUA) dan kepala Madrasah se Kabupaten Tanggamus.

“Kegiatan ini merupakan pelaksanaan hasil rapat kerja nasional (Rakernas) Kemenag RI 2019 yang mengusung tiga tema yakni Moderasi beragama, kebersamaan umat dan validasi data, “ujar Murdi Amin.

Dikatakan Murdi Amin, bahwa Moderasi beragama merupakan ikhtiar dalam membangun bangsa yang agamis dan pemeluk agama berjalan pada jalurnya.” Dengan kata lain umat beragama adalah umat yang mengimplementasikan moderasi beragama setelah menjadi landasan pemahaman kita dalam beragama, “pungkas Kepala Kemenag. (mar/smoL)

185 Views