oleh

Konflik Gajah-Manusia Ini Yang Akan Dilakukan Pemkab Tanggamus

SINARMERDEKA.ID--Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani menegaskan bahwa Pemkab Tanggamus siap mendukung dan membantu semua pihak dalam upaya penyelesaian konflik antara gajah dengan manusia yang kerap terjadi di Wilayah Kabupaten Tanggamus.

Hal itu disampaikan bupati saat menerima audiensi Konsorsium Kotaagung Utara (Korut) di Objek Wisata Bukit Idaman, Kecamatan Gisting, Rabu 10 November 2021.

loading...

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Heri Agus Setiawan, Asisten Bidang Ekobang Sukisno dan Ketua Korut Fajar Sumantri.

Menurut bupati, pemerintah akan mengambil langkah langkah dalam mengatasi permasalahan gajah yang sudah mulai masuk di wilayah pemukiman masyarakat.

“Kami juga akan turut serta dengan menggerakkan dinas terkait dalam menanganinya. Karena dalam menghadapi permasalahan ini, pemerintah daerah tidak bisa berjalan sendiri tanpa adanya dukungan dari kita semua,” kata Dewi Handajani.

Bupati juga mengharapkan kesadaran masyarakat agar tidak lagi melakukan penebangan pohon dan pembakaran hutan demi kepentingan pribadi, yang dapat mengakibatkan habitat hewan hutan, terutama gajah, tidak terganggu

Sementara, Ketua Korut Fajar Sumantri, menyampaikan tujuan audensi yang dilakukan adalah untuk menyampaikan permasalahan yang dihadapi saat ini, yaitu agar bagaimana langkah yang harus dilakukan dalam mengatasi hewan gajah yang kembali masuk ke perkampungan warga.

Menurut Fajar, hal itu terjadi akibat adanya aktivitas masyarakat yang melakukan penebang pohon dan pembakaran hutan demi kepentingan pribadi di wilayah habitat gajah.

Fajar juga menyampaikan program dan langkah yang akan dilakukan pihaknya, untuk mengatasi permasalahan gajah tersebut,

dengan melakukan sosialisasi langsung kepada masyarakat agar sadar dan memahami akan bahaya dari aktivitas yang dilakukan di hutan, serta akibatnya jika tetap masih dilakukan.

“Harapan kami juga, agar pemerintah daerah siap mendukung serta dapat memberikan bantuan agar kegiatan kami ini bisa berjalan dan teratasi secepat mungkin,”kata Fajar.(Jun/*)

Berita Lainnya