oleh

KPU Siapkan Pra Tahapan Pilgub

Sinarmerdeka.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung mulai mempersiapkan pra tahapan Pilgub 2018. Setidaknya ada beberapa hal yang dimulai pada Agustus mendatang dibiayai anggaran pilgub Rp44 miliar pada 2017.

Komisioner KPU Lampung Sholihin mengatakan, pada 2017 KPU sudah menyiapkan pembentukan penyelenggara ad hoc di tingkat kabupaten.

loading...

’’Mulai Agustus sampai September nanti kami merekrut panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS),” ungkapnya, kemarin.

Dikatakan, untuk tahapan pilgub 2017 saat ini sedang dilakukan finalisasi RKKL pilgub. Dikatakan, dari anggaran Rp44 miliar pilgub di 2017, ada tiga kelompok hal yang akan dilakukan KPU.

”Pertama untuk honorarium untuk penyelenggara pemilu. Mulai dari honor kelompok kerja (pokja) di Provinsi dan kabupaten. Kedua, honor penyelenggara adhoc  mulai dari PPK, PPS, KPPS, PPDP kemudian tenaga pendukung lainnya misalnya sekretariat di provinsi dan kabupaten kota. Selanjutnya, soal sosialisasi pilgub,” ungkapnya.

Untuk item sosialisasi pilgub, sambung dia, dimulai dari perencanaan program kegiatan, penyusunan produk hukum dan berita acara penyelenggara pemilu. Lalu. Masuk tahapan sosialisasi dan kerjasama dengan stakeholder.

”Masuk tahapan lainnya dengan anggaran Rp44 miliar yaitu bimbingan teknis (bimtek) di KPU kabupaten/kota maupun verifikasi pasangan calon. Meliputi kampanye, pelaporan dana kampanye. Diikuti oleh pasangan calon melalui parpol yang mengusung paslon,” tandasnya.

Dilanjutkan, untuk persiapan tahapan di 2017, sudah mulai soal logistik. Seperti model lampiran perencanaan logistiksi. Semua formulir pemutaakhiran data pemilih. Untuk form aplikasi penghitungan (Situng) dilakukan pada 2018,” tandasnya. (rdl/*)

Komentar

Berita Lainnya