by

Liverpool Akhirnya Menuntaskan Transfer Thiago Alcantara

JAKARTA – Liverpool akhirnya menuntaskan transfer Thiago Alcantara dari Bayern Munich dalam kesepakatan yang dapat menelan total biaya bagi The Reds hingga £27 juta ($35 juta).

Liverpool akan membayar biaya awal £20 juta ($26 juta), dengan gelandang asal Spanyol berusia 29 tahun itu sudah meneken kontrak berdurasi empat tahun.

loading...

Thiago merupakan rekrutan kedua Jurgen Klopp pada bursa transfer musim panas ini, menyusul kedatangan Kostas Tsimikas dari Olympiakos.

Spekulasi transfer Thiago berlangsung selama berbulan-bulan, namun sang gelandang kini sudah resmi berseragam Liverpool dan akan mengenakan kostum bernomor punggung enam, yang ditinggalkan Dejan Lovren karena sudah bergabung ke Zenit.

Thiago, yang menjalani tujuh tahun yang produktif bersama Bayern dengan tampil 235 kali di berbagai ajang kompetisi dan mencetak 31 gol, memilih juara Liga Primer Inggris sebagai klub yang akan memberinya tantangan yang baru.

Thiago mengaku sangat senang karena bisa menjadi bagian dari keluarga di Anfield. ”Menurut saya, ini adalah perasaan yang luar biasa. Saya sudah lama menunggu momen ini dan saya sangat senang berada di sini,” demikian pernyataan Thiago.

”Ketika tahun-tahun berlalu, Anda mencoba menang sebanyak yang Anda bisa, dan ketika menang, Anda menginginkan yang lebih. Saya pikir klub ini juga menggambarkan siapa saya; Saya ingin mencapai semua tujuan, memenangkan trofi sebanyak mungkin.”

”Ini juga (memiliki) jenis (perasaan) keluarga yang saya butuhkan karena kami [suka] memiliki hubungan yang sangat dekat dengan klub dan saya pikir saya akan merasakan ini. Saya akan memiliki perasaan ini, dengan klub ini juga,” kata dia.

Thiago menambahkan dirinya harus beradaptasi dengan tim secepat dalam situasi dan konteks yang kami jalani sekarang ini.

”Semuanya menjadi lebih kompak dan kami memulai agak belakangan, tapi tetap saja sepakbola dan saya pikir kami harus menggabungkan semua hal yang besar; semua hal baik yang kami miliki. Saya akan membantu tim dengan cara bertahan dan menyerang serta dalam aspek-aspek mental,” terangnya.

”(Fans) tidak lebih bersemangat dari saya, pasti tidak! Ini bukan tentang mengucapkan kata-kata, ini adalah tentang melakukan segala sesuatu. Saya akan memberikan hati saya di lapangan kepada rekan-rekan satu tim saya, klub, dan juga untuk para fans.”

Pada Kamis (17/9) kemarin, Liverpool menyepakati harga awal £20 juta ($26 juta) dengan Bayern, yang harus dibayar selama kontrak Thiago.

Serangkaian tambahan terkait performa juga disepakati, bergantung pada kesuksesan Liverpool sebagai sebuah tim, dan dampak Thiago secara pribadi di Inggris. Total kesepakatan pada akhirnya bisa mendekati angka £27 juta jika semua kriteria dipenuhi.

Thiago tampaknya belum bisa menjalani debutnya untuk Liverpool ketika tim berjumpa dengan Chelsea pada Minggu (20/9) mendatang, namun ia berpeluang tampil lawan Lincoln di Carabao Cup. (oke/sep)

Comment

Berita Lainnya