oleh

Mental generasi muda pelajar perlu di arahkan hal positif

SINARMERDEKA.ID.KOTAAGUNG—Pemkab Tanggamus melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) melakukan pembinaan mental generasi muda dan pelajar melalui sosialisasi pencegahan penyakit masyarakat (Pekat) di Aula Sekolah SMA Negeri 1 Kotaagung, Selasa (3/3).

Asisten Bidang Ekobang Setdakab Tanggamus Sukisno dalam sambutannya mewakili bupati Tanggamus, menyampaikan bahwa Pemkab Tanggamus menyambut baik dan mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan sosialisasi Pekat, dimana harapannya agar generasi muda menjadi lebih paham terhadap pengaruh buruk narkoba.

loading...

“Seiring dengan bergulirnya reformasi di Indonesia, pada era globalisasi ini bangsa indonesia justru menghadapi berbagai persoalan, termasuk pula persoalan kompleks yang dihadapi generasi muda yang juga biasa disebut generasi milenial. Mulai dari putus sekolah, kenakalan remaja, tindak kriminalitas yang dilakukan oleh remaja sampai masalah penyalahgunaan narkoba,”kata Sukisno.

Mantan Kepala Dinas Kesehatan ini melanjutkan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, psikotropika, dah zat adiktif lainnya (NAZPA), dengan berbagai implikasi dan dampak negatifnya, merupakan suatu masalah Internasional maupun Nasional yang sangat rumit, yang dapat merusak dan mengancam kehidupan masyarakat, bangsa dan Negara, serta dapat melemahkan ketahanan nasional dan menghambat jalannya pembangunan.

” Dampak bahaya dan korban narkotika dari tahun ketahun semakin meningkat, bahkan sudah sangat membahayakan meresahkan masyarakat dan perkembangan generasi muda serta memerlukan penanganan yang terpadu dan serius. Oleh karena itu Pemerintah Indonesia termasuk Pemkab Tanggamus telah bertekad bulat, bahwa penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba merupakan bahaya yang harus ditangani secara dini, dengan melibatkan seluruh potensi yang ada baik diPemerintah, masyarakat, LSM dan pihak-pihak terkait lainnya,”ujarnya.

Ia menerangkan, mengkonsumsi narkoba tidak ada manfaatnya sama sekali, bahkan berdampak buruk bagi kesehatan karena menyerang saraf otak. Akibatnya otak menjadi tumpul, kemampuan berpikir menjadi lemah sehingga dapat merusak masa depan.

“Oleh karena itu kami harapkan kepada pelajar jangan sekali-kali mencoba narkoba karena sekali mencoba pasti akan ketagihan.
Maka dari itu para pelajar harus paham akan bahaya narkoba karena dapat merugikan diri sendiri, keluarga dan lingkungan,”ajaknya.

Masih menurutnya sejalan dengan pelaksanaan sosialisasi ini, ia mengajak kepada semua yang hadir untuk melindungi dan memberi pengertian kepada anak-anak tentang bahaya narkoba, melalui penjelasan yang tekun, sabar, melalui komunikasi dan sosialisasi yang efektif sejak dini.

“Pemkab Tanggamus sudah menggalakkan kabupaten layak anak, Bupati dan Wakil Bupati secara berkesinambungan terus berupaya memerangi narkoba, untuk itu sekali lagi saya sampaikan, jauhilah narkoba,”terangnya.

Dalam laporan Kepala Kesbangpol Ajpani Majid,MM. Mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan sosialisasi ini adalah agar generasi muda kita menjadi lebih paham terhadap pengaruh buruk narkoba,sehingga harapan kita untuk menyelamatkan generasi muda dari bahaya narkoba dapat terwujud dengan mudah.

“Peserta kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh siswa/siswi dari SMA Negeri 1 Kotaagung ,SMA Negeri 2 Kotaagung, SMA Muhammadiyah Kotaagung dan SMK Negeri Kotaagung Timur,”tandasnya. (simer)

Komentar

Berita Lainnya