Nonton TV tak selamanya buruk

Sinarmerdeka.id – Kamu mungkin sudah tahu dan pernah membaca bahwa keseringan atau terlalu lama duduk diam menonton acara di televisi bisa merusak kesehatan tubuh secara perlahan. Kamu bisa mengalami obesitas, sakit jantung, stroke, diabetes, dan sederetan penyakit mengerikan lainnya jika harimu hanya diisi dengan duduk di depan televisi dan makan.

Namun sebuah penelitian yang dilansir dari fitnessmagazine.com menemukan bahwa menonton TV bisa saja membawa banyak manfaat sehat, terutama untuk kesehatan hubungan dengan pasangan.

Survei terbaru yang dilakukan oleh Xfinity ini menemukan bahwa dua pertiga pasangan yang sering menghabiskan waktu dengan nonton TV bersama memiliki hubungan yang lebih kuat.

“Dan pasangan yang menonton TV bersama selama lebih dari 5 jam seminggu berpelukan lebih sering daripada yang tidak,” tegas penelitian ini.

“Saat menonton TV bersama pasangan, tubuh akan mengeluarkan hormon dopamin yang membuatmu merasa lebih baik dan hormon oksitosin yang bisa mengurangi tekanan darah, penyakit jantung, stres, serta rasa cemas. Hal tersebut akan memberi dampak positif pada perbaikan hubungan.”

“Hubungan yang bahagia bisa membuat sistem kekebalan tubuh meningkat, mengurangi rasa sakit dalam tubuh, memperpanjang usia, dan mendorongmu untuk selalu tetap fit. Sehingga bisa dikatakan bahwa kegiatan menonton televisi bersama dapat membuat tubuh sehat dan hubungan jadi lebih kuat jika kamu lakukan dengan pasangan.” (mdk/*)

166 Views