oleh

Optimis  Mega Proyek KIM Terwujud

Wijaya Mega: Doakan KIM Sukses di Tanggamus

Sinarmerdeka.id, KOTAAGUNG— Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tanggamus optimistis Mega Proyek Kawasan Industri Maritim (KIM) di Kabupaten Tanggamus dapat terwujud. Keoptimisan itu didasari dari adanya dukungan dari pemerintah pusat yang mana sudah memasukan KIM Tanggamus sebagai salah satu pengembangan industry diluar Pulau Jawa.

Kepala Bappeda Tanggamus Hendra Wijaya Mega mengatakan bahwa, saat ini progress pembangunan KIM memasuki pengukuran lahan yang akan diajukan hak pengelolaan lahan (HPL)-nya Ke Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR).” Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak lama lagi sekitar 2-3 minggu, HPL sudah keluar. Kalau HPL dan hak guna bangunan (HGB) sudah maka akan ada studi-studi selanjutnya seperti Amdal dan lain sebagainya,” ujar Hendra, Senin (15/5).

loading...

Untuk pengembang KIM Tanggamus sendiri lanjut Hendra, dipegang penuh oleh PT Pertamina Persero, sebagai tahap awal, akan dibangun power plant dan penampungan minyak.”Total lahan KIM seluas 1.022 hektar (ha), namun sebagai permulaan yang akan digarap 400 ha dulu, ini bukan sekedar mimpi, sebab pemerintah pusat sudah menargetkan akhir 2017 harus sudah ada pembangunan fisik, ini jelas merupakan tantangan bagi pemerintah daerah, yang jelas kami di Pemkab Tanggamus ini siap mendukung agar pembangunan KIM dapat berjalan lancar,” kata dia.

Selain Tanggamus lanjut Hendra, ada beberapa provinsi di luar Pulau Jawa yang akan  dikembangkan sebagai kawasan industri, namun yang istimewa dari KIM Tanggamus adalah konsepnya mengenai kemaritiman.” Tanggamus ini masuk sebagai kawasan industri spesial, sebab tidak hanya sekedar industri, disana nanti ada industri perkapalan dan perikanan, kita konsentrasi penuh kesektor maritime, kalau yang lain kan hanya industri pada umumnya,” ujarnya.

Masih kata Hendra, bahwa dengan adanya KIM, maka akan banyak keutungan yang didapatkan oleh Kabupaten Tanggamus, seperti pendapatan asli daerah (PAD) yang meningkat dan lapangan kerja akan tercipta.”Dari sektor pajaknya jelas, bisa miliaran rupiah PAD yang akan didapat oleh Tanggamus, kemudian ada banyak tenaga kerja yang direkrut dan akan merangsang bertumbuhnya ekonomi kerakyatan, disamping itu juga untuk mendukung KIM, pemkab juga akan membangun sektor pariwisatanya,”pungkasnya.(rio/simer)

Komentar

Berita Lainnya