oleh

Pademi Covid-19 Lansia Proritas Kerja Bupati Tanggamus

SINARMERDEKA.ID.-Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani me-launching Gerakan Memeriksa Lansia (Gemes Lansia) yang Selasa 7 September 2021,  betempat di UPT Puskesmas Talangpadang.Kegiatan ini juga diikuti Wakil Bupati Tanggamus Hi.A.M Syafi’i, Sekda Tanggamus Hamid Heriansyah Lubis, camat dan seluruh KUPT Puskesmas secara virtual.

Turut mendampingi bupati saat launching, Kepala Diskes Tanggamus Taufik Hidayat beserta jajaran, Kepala UPT Puskesmas Talangpadang dr Eka Priyanto dan Camat Talangpadang Agustam Hamied.

loading...

Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani dalam sambutannya mengatakan bahwa kelompok lanjut usia (lansia) merupakan golongan orang yang memerlukan perhatian khusus dari keluarga dan lingkungan. Di Kabupaten Tanggamus sendiri, dari jumlah penduduk 610.089 orang ada 64.325 orang (10,5 persen) kelompok lansia.

“Pada era pandemi saat ini kelompok lansia merupakan kelompok yang paling beresiko mengalami keparahan/morbiditas dan mortalitas akibat penyakit Covid-19.Hal ini dikarenakan pasien lansia (geriatric) umumnya memiliki berbagai komorbiditas, seperti penyakit kardiovaskular, penyakit kencing manis,penyakit pernapasan kronik, hipertensi dan lain-lain,”ujar bupati.

Dilanjutkan bupati, program lansia menjadi salah satu indikator standar pelayanan minimal (SPM) Bidang Kesehatan dengan target 100 persen lansia mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai standar sebagimana tertuang di dalam Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 4 Tahun 2019.Namun kondisi ini jika dibandingkan dengan capaian pelayanan kesehatan lansia di Kabupaten Tanggamus masih cukup rendah, yaitu sebesar 29 persen (Data Juli 2021).

“Oleh karena itu, untuk mencapai target pelayanan kesehatan lansia sesuai standar yang ditetapkan, maka Dinas Kesehatan selaku OPD teknis menjabarkan bentuk implementasi yang merupakan inisiasi Pemerintah Daerah di dalam program 55 Aksi Bupati Tanggamus, diantaranya adalah Program Kartu Lansia Tanggamus (KLT). Adapun upaya yang dilakukan yaitu melakukan sinergitas integrasi pelayanan kesehatan bagi lansia yang dikemas dalam program Tali Ulas atau Tanggamus Peduli Lansia,”terang Bunda Dewi.

Dalam kesempatan itu, bupati berharap kepada OPD terkait, seperti Dinas PMD dapat memperhatikan keberadaan
posyandu lansia yang secara kelembagaan
membutuhkan pembinaan dari Dinas PMD dan support dana dari alokasi dana desa agar programp rogramnya dapat lebih dikembangkan. Juga kepada Dinas Sosial agar dapat memberi kontribusi pada lansia-lansia yang tidak berdaya/terlantar.

“Sehubungan dengan itu, saya berharap
program-program yang pro dengan pemberdayaan lanjut usia untuk lebih dioptimalkan dan ditingkatkan
lagi kualitasnya.Kiranya upaya konkret yang digagas oleh dinas kesehatan dengan program-programnya dapat
mewujudkan lansia yang sehat, mandiri, aktif, produktif dan berdaya guna, serta meningkatkan umur harapan
Hidup (UHH),”pungkas bupati.

Ditambahkan Kepala Diskes Tanggamus Taufik Hidayat bahwa tujuan Program Gemes Lansia adalah terselenggaranya program peduli lansia yang terkendali, berkualitas dan profesional serta efektif efisien guna mewujudkan lansia yang sehat, mandiri, aktif, produktif dan berdaya guna serta meningkatkan UHH di Kabupaten Tanggamus.

Adapun beberapa langkah baik jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang sudah mulai dilakukan.Bentuk konkrit yang sudah dilaksanakan dalam jangka pendek antara lain, pembentukan Tim Koordinasi Peduli Lansia Tanggamus, Workshop Program Tali Ulas serta peningkatan pelayanan Home Care bagi Lansia beresiko

“Melalui rangkaian gerakan ini nantinya diharapkan capaian pelayanan kesehatan lansia di Kabupaten Tanggamus dalam kurun waktu akhir September 2021 bisa mencapai 60 persen. Kondisi inilah yang melatarbelakangi kegiatan Gemes Lansia di Kabupaten Tanggamus,”kata Taufik.

Masih kata Taufik, bahwa sasaran pelayanan Gemes Lansia adalah masyarakat Kabupaten Tanggamus baik laki-Laki maupun perempuan yang berusia (45-59 tahun) atau yang disebut usia pra lansia lebih dari 60 tahun dengan total sasaran sebanyak 56.749 lansia.(simer)

Berita Lainnya