Pantau kesehatan dua mahasiswa Kotaagung dari Tiongkok.

SINARMERDEKA.ID.KOTAAGUNG–Dua warga Tanggamus yang baru pulang dari Tiongkok saat ini masih terus dipantau kesehatannya oleh tim medis dari UPT Puskesmas Kotaagung.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Tanggamus, Taufik Hidayat, kedua warga Tanggamus tersebut merupakan mahasiswa yang menuntut ilmu di negeri tirai bambu. Keduanya masing-masing warga Pekon Kusa dan Negeri Ratu.

“Dua warga Tanggamus itu pulang Rabu lalu (5/2) dan saat ini masih terus dipantau kesehatannya oleh tim dari UPT Puskesmas Kotaagung yang langsung dipimpin dr.Eka Prianto, “ujar Taufik, Rabu (12/2).

Dilanjutkan Taufik bahwa, warga tidak perlu panik dengan kepulangan dua mahasiswa dari Tiongkok tersebut, hal ini karena keduanya dinyatakan negatif Corona.

” Kedua mahasiswa yang pulang ini bukan termasuk rombongan WNI yang dikarantina di Natuna, Riau. Mereka sudah diperiksa kesehatannya oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Soekarno-Hatta setelah turun dari pesawat dan keduanya dinyatakan sehat, “ujarnya.

Masih kata Taufik bahwa tim UPT Puskesmas Kotaagung terus melakukan pemantauan selama 14 hari terhitung sejak keduanya tiba di Tanggamus. Ini memang sudah sesuai standar kesehatan yang diterapkan World Health Organization (WHO).
“Sampai saat ini berdasarkan laporan dari tim kesehatan UPT Puskesmas Kotaagung, keduanya masih sehat. Dan mereka selama 14 hari tidak boleh bepergian keluar rumah, ini memang prosedurnya dan pihak keluarga juga sudah diberikan edukasi mengenai Corona, “katanya.

Dalam kesempatan tersebut Taufik, kembali menegaskan bahwa sampai saat ini Tanggamus belum ada satu kasus pun warga Tanggamus yang terkena virus Corona.” Untuk se Indonesia masih aman, harapannya jangan sampai ada yang terkena, “kata dia.

Untuk mengantisipasi Virus Corona, lanjut Taufik warga harus menjaga kebersihan lingkungan, makan-makanan sehat dan memakai masker apabila dilingkungan keluarga ada yang terkena flu.” Intinya sepanjang daya tahan tubuh kuat maka virus Corona tidak bisa menyerang. Nah agar daya tahan tubuh kuat maka harus makan-makanan bergizi, buah-buahan, biasakan cuci tangan pakai sabun sebelum makan. Kalau ada gejala demam tinggi segera berobat baik ke puskesmas maupun klinik terdekat, “pungkas Taufik. (simer)

40 Views