Pemerintah daerah wajib Jamin Ketersediaan Pupuk

SINARMERDEKA.ID.KOTAAGUNG—kembali para petani di Kecamatan Kotaagung, Kabupaten Tanggamus meminta pemerintah dapat mengawasi dan menjamin ketersedian pupuk bersubsidi menjelang musim tanam tahun ini. Hal itu menjadi permasalahan krusial musim tanam, petani kesulitan mendapatkan pupuk subsidi jenis urea.

“Jangan seperti musim tanam sebelumnya pupuk langka mahal juga. Pemerintah harus dapat menjamin
stok pupuk tahun ini,”kata Nawawi, petani di Pekon Terbaya.

Menurutnya, petani sangat kesulitan setiap menjelang musim tanam harga pupuk kian melambung, belum lagi ketersedian barang tidak ada, ketika ada barang pun tidak sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET). “Jelas khawatir, sebab musim seperti ini biasanya pupuk langka. Bahkan, anehnya beda daerah sudah beda harga. Ini menunjukkan kalau keberadaannya dibuat permainan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab itu,”jelasnya.

Selain itu, Nawawi meminta kepada Pemerintah supaya berpeparan aktif mengawal peredaran pupuk. Bila perlu membentuk tim supaya penyebarannya tepat sasaran. “Kalau dibiarkan maka kasus yang terjadi pada musim lalu akan terjadi pada tahun ini. Mengantisipasi persoalan itu pemerintah harus mencegah permainan harga pupuk yang dibuat oleh oknum yang nakal,”ungkapnya.

Hal yang sama di utarakan Sakur meminta agar dalam penjualan pupuk bersubdi itu tidak tebang pilih, Sebab ada masyarakat sebagai Petani tapi tidak masuk anggota kelompok tani, sehingga untuk mendapatkan pupuk bersubsidi sangat sulit.

“ Jika pemerintah ingin program ketahanan pangan dan program Pertanian berhasil sesuai harapan, Pemerintah harus menjamin ketersediaan pupuk, sehingga seluruh masyarakat (Petani) akan mudah memperoleh pupuk,” harapnya.

disamping itu Kata Sukur kembali pemerintah dapat tegas memberikan sangsi kepada oknum yang mempermainkan pupuk ini, sebab setiap menjelang musim tanam kebutuhan petani terhadap pupuk akan semakin melonjak, nah kondisi itulah dimafaatkan oknum tersebut.”Jangan hanya program diatas kertas pemerintah pro dengan petani, tapi buktikan. Artinya, tegas kepada oknum yang nakal itu,”katanya

Kasubbag, Sumber Daya Alam, Bagian Perekonomian Setdakab Tanggamus, Irhamsyah Kundo mewakili Kabag Perekonomian Firma Linda, megatakan bahwa tim monitoring pemerintah daerah yang terdiri dari beberapa OPD bakal melakukan monitoring dan pengawasan kepada agen pupuk bersubsidi.”Untuk masalah pupuk nanti kita koordinasi dengan Dinas Pangan dan Pertanian. Nanti juga kita cek bersama dengan instansi terkait dan aparat keamanan,” katanya.(simer)

50 Views