Pemkab Lambar harus Siapkan sekema situasi terburuk, akibat Covid-19

SINARMERDEKA.ID.LAMPUNGBARAT-Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lampung Barat (Lambar), Nopiyadi meminta pemerintah daerah menyiapkan sekema bantuan sembako kepada masyarakat penghasilan rendah (MBR) untuk menghadapi situasi terburuk akibat corona virus dissaese (Covid-19).Menurut anggota dewan asal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut, pemerintah harus menyiapkan bantuan sembako minimal 122 ribu jiwa.

“Jangan sampai nanti ada puluhan ribu masyarakat yang tidak bisa makan disebabkan dampak dari pandemi Corona,” kata Nopiyadi melalui pesan Whats App, Sabtu (4/4).

Dia menekankan, agar sekema jaring pengaman sosial daerah harus disiapkan secara matang. Dalam kata lain, pemda harus memiliki stok bahan makanan siap saji dan bahan makanan sembako yang mencukupi. Selain itu, penyediaan pangan selain prioritas untuk balita, ibu hamil dan lansia. Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan akibat covid 19.

Tentunya pemda juga mesti menyisir kembali warga yang terkena dampak misalnya PKL, warung kopi, warung makan, pedagang dipasar tradisional, tukang ojek, sopir, buruh harian dan lainnya yang mereka sangat terdampak covid-19 dari sisi rentan tertular juga ekonomi,” katanya.Nopiyadi yang juga menjabat sebagai Sekretaris PKS Lambar meminta pemerintah segera mengambil langkah terukur dalam penanganan covid-19.

Antaranya, segera petakan secara gelobal masyarakat yang terdampak maupun tidak terdampak covid 19.Selanjutnya, ambil tindakan tegas yang menilabatkan aparat kepolisian dipintu masuk Lambar. Hal ini, untuk mengantisipasi warga yang menolak dilakukan pemeriksaan kesehatan. Serta membuat kebijakan setiap masyarakat hendak keluar atau masuk Lambar wajib lapor.

“Pulang kampung atau berkunjung wajib lapor diposko atau pemerintah pekon. Semua itu dituangkan dalam surat edaran bupati sehingga skenario sterilisasi wilayah yang diinginkan Bupati nampak hasilnya,” tulisnya. (182/simer)

37 Views