oleh

Pemkot Bekasi Tambah Ruang ICU

BEKASI SELATAN- Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi mengatakan, ruang ICU di Rumah Sakit (RS) rujukan se- Kota Bekasi yang menangani warga atau pasien positif Covid-19 hampir rata-rata kondisinya penuh. Dengan hal itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi kini sedang mendorong buat tambah ruangan ICU di RSUD Kota Bekasi dan tiga RSUD tipe D.

“Jadi, untuk ruang ICU di seluruh RS se-Kota Bekasi memang kondisinya itu rata-rata penuh ya. Tapi, ini kami lagi berupaya menambah 14 ruang ICU di RSUD Kota Bekasi dan 12 di tiga RSUD tipe D kita, dimana nanti masing-masing rumah sakit 4 unit,” kata Rahmat kepada awak media di Stadion Patriot Chandrabaga, Kota Bekasi, Senin (21/9).

loading...

Menurutnya, langkah ini disiapkan dalam rangka memberikan layanan yang maksimal kepada masyarakat di tengah meningkatnya angka dari kasus Covid-19 saat ini. Terkait hal ini, diakui orang nomor satu di Kota Bekasi itu, pihaknya sudah siapkan anggaran melalui dana APBD yang sedang menunggu pengesahan dari DPRD Kota Bekasi.

“Anggarannya sudah kita siapkan, dan tinggal nunggu persetujuan dari DPRD. Jadi, mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa segera direalisasi,” imbuhnya.

Lebih jauh, pria yang akrab disapa Bang Pepen ini menyampaikan, soal kasus positif Covid-19 yang saat ini terjadi wilayahnya meningkat tinggi penyebarannya, tapi jumlah klaster keluarga kini sudah agak berkurang kasusnya. “Klaster keluarga saat ini Alhamdulillah turun, tapi memang sekarang ini kasus penyebarannya yang tinggi,” ungkapnya.

“Jadi, kita ambil itungan dari total 264 orang kita swab di dalam satu putaran sekarang ini menghasilkan bisa 50 sampai 60 yang positif. Nah kalau dulu, bulan Mei itu palingan 1 atau 2 saja yang positif tapi untuk sekarang ini sudah mencapai 25-30 persen. Iya emang tinggi,” pungkas Pepen.

Terpisah, Anggota Komisi IV DPRD Kota Bekasi, Daryanto mengatakan, pihaknya tak keberatan soal upaya Pemkot Bekasi menambah ruangan ICU di RSUD Kota Bekasi dan RSUD tipe D, karena secara anggaran Kota Bekasi untuk penanganan Covid-19 itu sangat siap buat hal tersebut.

“Ya, selama itu dibutuhkan bisa-bisa saja ditambah ruang ICU, tidak ada masalah karena saya pikir ini demi kemanusiaan untuk berikan layanan maksimal kepada masyarakat. Dan untuk hal itu, anggaran pemerintah buat penanganan Covid-19 sangat siap kok. Jadi, silakan diajuib saja,” kata Daryanto.

“Paling penting itu kan ketika ruang ICU ditambah SDMnya tersedia dan siap bertugas,” tutupnya. (Red)

Komentar

Berita Lainnya