oleh

Perekaman E-KTP Di Tanggamus Melebihi Target, Berikut Ini Kata Disdukcapilnya

SINARMERDEKA.ID–Realisasi perekaman data kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) di Kabupaten Tanggamus melebihi target.

Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tanggamus, Darma Setiawan mengatakan, capaian KTP saat ini sebanyak 450.579 orang. Dari target wajib KTP 435.239 orang, atau 104 persen.

loading...

” Selama ini target wajib KTP tidak pernah tercapai, baru sekarang bisa dicapai dan ini capaian tertinggi sejak Kabupaten Tanggamus ada,”kata Darma Setiawan mewakili Kadisdukcapil Tanggamus, Maradona, Jumat 19 November 2021.

Dijelaskan Darma, guna wujudkan capaian itu maka disebarkan data by name by address atau nama dan alamat riil ke seluruh pekon. Lalu diverifikasi hingga didapat data riil tiap warga Tanggamus.

“Dari data verifikasi itu akhirnya didapat laporan seperti orangnya sudah meninggal, pindah, sampai data ganda. Itu tidak terlaporkan dan jumlahnya banyak, itulah yang selama ini buat target tidak tercapai,” ungkap Darma.

Kemudian data orang yang sudah tidak ada lagi dilakukan penghapusan.Cara penghapusannya data dikirimkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk penghapusan.

“Jumlah data yang kami ajukan ada 49 ribu orang, akhirnya pusat setuju menghapus 42 ribu, sisanya tidak boleh dihapus karena orangnya masih ada namun tidak tinggal di Tanggamus,” terang Darma.

Diakui Darma dengan berkurangnya target wajib KTP, maka jumlah penduduk pun berkurang. Akhirnya saat e-KTP terbit diketahui bahwa hasil perekaman data e-KTP selama ini tinggi.

“Kami selama ini kebingungan, sebab perekaman keliling selalu kami adakan, pembuatan online juga ada, tapi kok target masih tidak tercapai.

Kini jumlah riil penduduk Tanggamus saat ini ada 612.115 jiwa yang telah miliki nomor induk kependudukan, didalamnya ada yang sudah miliki KTP dan belum karena usianya belum masuk wajib KTP,”pungkasnya.(Jun/simer)

Berita Lainnya