oleh

Pilkada Kerap Menguat Unsur Balas Jasa, Ini Salah Satu Penyebab Korupsi

LAMPUNG TIMUR – Calon Wakil Bupati Lampung Timur Ahmad Sudibyo menegaskan balas jasa menjadi salah satu penyebab para kepala daerah tersangkut kasus korupsi.

“KPK pun sudah melangsir faktor ini. Penyebab utamanya, integritas kepala daerah yang rendah, yang dipicu oleh pemberian izin sebagai balas jasa dukungan selama pilkada,” terang Mas Dibyo-sapaan akrab Ahmad Sudibyo, Sabtu (28/11/2020).

loading...

Menurut dia, netralitas masih sangat penting dalam upaya pencegahan korupsi.
Hal itu, kata dia dikarenakan salah satu penyebab korupsi lingkup pemerintah adalah pemilihan pejabat pengawasan APIP dan manajemen ASN yang tergantung selera pembuat kebijakan.

“Ada Conflict of interest. Pemberian izin pengadaan barang dan jasa, pengelolaan pajak daerah, dan manajemen aset tersandera kepentingan tertentu. Pasangan Zaiful-Sudibyo tidak mau ini terjadi,” tegasnya.

Sudibyojuga menjelaskan ada tiga persoalan yang menyebakan orang serakah bersatu, pemerintah lemah, dan masyarakat membiarkan.

“Sehingga, dibutuhkan pula tiga solusi bangsa seperti orang baik harus bersatu, perjuangan yang konsisten, berpikir ke dalam sebelum menyalahkan orang lain,” timpalnya.

Sudibyo berterima kasih bahwa KPK siap mendampingi kepala daerah untuk memonitoring dan evaluasi.

“Ketika kami memimpin, konsultasi, dan mengedepankan sikap terbuka menjadi kunci utama. Kami minta doa, semoga ini terus berjalan progresif dan termonitor dengan baik,” imbuh Mas Dibyo. (oke/jim)

Komentar

Berita Lainnya