oleh

Pengukuhan Ketua Pokdar Kamtibmas Pesawaran

PESAWARAN-Pengukuhan sekaligus Pelantikan Pokdar Kamtibmas Kabupaten Pesawaran resmi dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 27/08/2020 jam 09.00 Wib di Aula Pamor Persada Polres Pesawaran.

Kegiatan tersebut di hadiri oleh, Direktur Binmas Polda Lampung (Kombes Pol Anang Triarsono, S.IK., M.Si).Ketua Pokdar Kamtibmas Provinsi Lampung (H. Firman Rusli, S.T., M.M).Bupati Pesawaran ( Dendi Romadhona S.T , M.Tr.p ).Kapolres Pesawaran (AKBP Vero Aria Radmantyo, S.IK,M.H.). Danramil 421-02 Gedong tataan ( Kapten Inf Sugeng). Kaban Kebangpol Kab. Pesawaran (Drs. Zainal Arifin).Ketua MUI Kabupaten Pesawaran (Ust. Endang Zainal Khaidir).Forkopimda Kabupaten Pesawaran.63 Pengurus dan Anggota Pokdar Kamtibmas Kabupaten Pesawaran yang akan dilantik.

loading...

Adapun Pengurus Pokdar Kamtibmas Kabupaten Pesawaran yang dilantik yaitu, Rifki Assofani, S.H.,M.H. (Ketua Pokdar Kamtibmas Kabupaten Pesawaran) Hermilsyah, S.Pd. ( Sekretari dan Pulb Masalah). Evi Susina, S.H. (Bendahara) H. Rudi Iskandar Syah,S.Sos. (Wakil Ketua 1). Saptoni, S.H. (Ketua Bidang Binluh). Heri Yurizal Effendi (Ketua Bidang Pemecahan Masalah).Drs. H. M Ruslan AM, S.H. (Koordinator Bidang Ekonomi dan Pembangunan Usaha.

Dalam Sambutanya Ketua Pokdar Kamtibmas Kabupaten Pesawaran Terpilih Rifki Assofani, S.H.,M.H.

mengatakan Saya selaku ketua Pokdar Kab Pesawaran mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada Polres Pesawaran dan Kapolres Pesawaran atas realisasinya dalam mewujudkan acara Pengukuhan Pokdar Kamtibmas Kab. Pesawaran

Kami berharap keberadaan organisasi Pokdar di Kabupaten Pesawaran dapat membantu tugas Polri dalam Memelihara Kamtibmas Kabupaten Pesawaran, saya meminta kepada Polres Pesawaran dapat membina kami dalam memelihara kamtibmas di Kabupaten Pesawaran.

Kepada Pengurus Pokdar Kamtibmas yang baru saja dilantik kami mengajak rekan-rekan untuk menjalankan tugas dengan baik dan berkoordinasi dengan Polri, tularkan kesadaran dalam menjaga Ketertiban di masyarakat / Har Kamtibmas.

Yang paling terakhir Pokdar Kamtibmas siap menjaga iklim Politik pada saat Pilkada Kabupaten Pesawaran.
Sekian yang dapat saya sampaikan, Saya ucapkan Trimakasih katanya

Di Tempat yang sama Ketua Pokdar Kamtibmas Provinsi Lampung H. Firman Rusli, S.T., M.M,

Memberikan sambutan juga,Tadi sama-sama kita lihat prosesi pelantikan Pengurus Pokdar Kamtibmas Kabupaten Pesawaran, Saya memaklumkan apabila ada suatu rangkaian kegiatan yang salah, karena ini merupakan prosesi pertama yang kita laksanakan.

Di Provinsi Lampung telah mengukuhkan 13 Kabupaten Pokda Kamtibmas, bahkan telah membangun Pokdar Kamtibmas di Desa-desa.

Harapan saya di tahun 2025 Polri Promoter dan Kamtibmas di seluruh wilayah Indonesia terjaga, akan tetapi saat pelaksanaan tidak semudah membalikkan kedua telapak tangan, Jumlah anggota Polri tidak sebanding dengan jumlah masyarakat yang ada.

Pokdar Kamtibmas merupakan satu media untuk membantu Polri melaksanakan kegiatan Pemeliharaan Kamtibmas di Masyarakat, Pokdar di pilih bukan karena ingin di gaji Pokdar kamtibmas kami di pilih untuk ladang ibadah bagi kami.

Saya yakin seluruh pengurus Pokdar Kamtibmas Kabupaten Pesawaran menerapkan 2 aspek yaitu niatnya adalah ibadah dan dibuktikan dengan perbuatan yang telah disampaikan di sumpah.

Yang terakhir ada satu yang tidak kalah penting adalah Pokdar Kamtibmas harus berkunjung kepada Kapolres untuk sama-sama bersinergi dalam memecahkan masalah.(ucapnya)

Disisi lain dalam sambutanya Kapolres Pesawaran, AKBP Vero Aria Radmantyo, S.IK,M.H.

Menyampaikan selamat datang di polres pesawaran kepada bapak dir binmas polda lampung, ketua pokdar kamtibmas provinsi lampung serta hadirin yang berbahagia, terima kasih atas waktunya berkenan hadir di Polres Pesawaran.

Hal ini merupakan suatu kehormatan dan penghargaan sekaligus harapan besar bagi kami, semoga hasil dari pengukuhan pokdar kamtibmas ini dapat membawa nilai- nilai manfaat dan kebaikan dalam membantu tugas polri khususnya polres pesawaran

untuk bersama sama dengan masyarakat mewujudkan situasi aman dan tertib di masyarakat hadirin sekalian yang saya hormati, pada hakekatnya organisasi ini adalah mitra polri, ujung tombak fungsi preemptive kepolisian di masyarakat sedangkan polri sebagai organ negara / pemerintah keduanya harus bersatu.

Organisasi ini dalam kegiatannya selalu menjadi pelopor dengan segala daya upaya yang terencana serta sistimatis didalam menyiapkan, membentuk serta membina masyarakat yang peduli keamanaan lingkungan.

Tugas pokdar kamtibmas adalah untuk membantu penegak hukum menertibkan dan mengamankan masyarakat. Pokdar kamtibmas ini mulai dibentuk pada tanggal 25 november 2005 atas surat keputusan kapolri no. Pol. : skep/831/x/2005 tentang pembentukan dan pembinaan kelompok sadar kamtibmas (pokdar kamtibmas).

Alhamdulillah dipesawaran kita masih dalam zona hijau. Dikukuhnya pokdar kamtibmas di pesawaran diharapkan dapat membantu pemerintah mensukseskan program daerah maupun pemerintah pusat

menanggulangi pesawaran didalam penyebaran covid-19 di era adapatasi kebiasaan baru, selain itu dapat ikut juga dalam mensosialisasikan tentang budaya memakai masker kepada masyarakat, selanjutnya diharapkan pokdar kamtibmas pesawaran turut serta dalam tugas tni/polri membantu pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020.

Tak lupa saya berpesan kepada seluruh anggota pokdar kamtibmas pesawaran agar selalu bersikap netral apabila berada dalam penyelesaian masalah yang ada di daerah hukum kabupaten pesawaran.

Jadikanlah kegiatan kita di organisasi ini sebagai salah satu ladang ibadah bagi kita semua.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Pesawaran, Dendi Romadhona S.T , M.Tr.p.meyampaikan,
Kopdar Kamtibmas sudah ada dari dulu di Kabupaten Pesawaran yang namanya Polmas seiring berjalannya waktu sekarang di bentuk Pokdar Kamtibmas Kabupaten Pesawaran.

Bagaimana nantinya Pokdar Kamtibmas dapat menjadi penengah saat adanya masalah di Kabupaten Pesawaran sebelum masuk ranah hukum agar tidak ada perpecahan, karena kalau sudah masuk ranah hukum pasti ada yang menang dan ada yang kalah, kalau bisa kita selesikan secara keluarga kenapa tidak.

Pandemi Covid 19 masih terjadi di Masyarakat, saat ada acara pernikahan di tengah pandemi Covid 19, Pokdar Kamtibmas dapat mengingatkan kepada Masyarakat karena Pokdar Kamtibmas yang merupakan warga asli di wilayah tersebut pendapatnya dapat lebih diterima masyarakat.

“Yang terakhir mari kita jaga Situasi Politik Di Kabupaten Pesawaran, siapapun pemimpinnya semoga kita dapat menjaga Situasi yang aman dan kondusif”. Tegas Dendi.(sonip/smol)

Komentar

Berita Lainnya