Proritas predikat juara satu, Ajang Penghargaan Pembangunan Daerah.

SINARMERDEKA.ID.KOTAAGUNG.Kabupaten Tanggamus masuk tiga besar dalam Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) terbaik tahun 2020 tingkat Provinsi Lampung.Selain Tanggamus ada dua kabupaten lain yang juga siap bersaing demi mendapatkan Anugerah Saburai dari Gubernur Lampung yakni Kabupaten Lampung Barat dan Pringsewu.

Hal itu terungkap saat Tim penilai berkunjung ke Kabupaten Tanggamus untuk melakukan penilaian tahap II. Kunjungan Tim penilai terdiri dari Tim Utama, Tim Teknis dan Tim Independent, rombongan tim penilai yang dipimpin Kasubdit Analisis Pengendalian dan Kebijakan Bappeda Provinsi Lampung Ida Susanti tersebut tiba di Sekretariat Daerah Kabupaten Tanggamus disambut Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani, Sekda Tanggamus Hamid H Lubis, Kepala Bappelitbang Hendra Wijaya Mega dan sejumlah pejabat dilingkungan Pemkab Tanggamus.

Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani dalam sambutannya berharap Tanggamus menjadi yang nomor satu, hal tersebut menurut bupati tidak berlebihan sebab sekarang Tanggamus sudah masuk tiga besar.

“Target menjadi juara I tidak berlebihan rasanya, sekarang tiga besar, insyaallah mendapat yang terbaik di Provinsi Lampung. Kami sangat yakin apa yang kami paparkan sesuai kondisi tanpa ada rekayasa,”ujar Dewi.

Dalam kesempatan tersebut, bupati berharap jajaran OPD mendukung penilaian tahap II yang dilakukan oleh tim penilai “Saya harap OPD dukung penilian ini lewat sajian data data dan inovasi hal itu tentu akan berjalan maksimal dan Tanggamus dapat penilaian terbaik,” katanya.

Masih kata bupati bahwa penilaian ini tidak hanya siapa yang terbaik, namun lebih sebagai bentuk pembinaan kepada Pemkab melalui evaluasi. “Tentu ini jadi bahan kami memperbaiki diri, sehingga apa yang menjadi catatan bisa langsung diperbaiki,” pungkas bunda sapaan akrab bupati.

Sementara Ida Susanti selaku tim penilai utama mengatakan bahwa dalam penilaian tahap II ini dilakukan verifikasi dan wawancara.

“Verifikasi dan wawancara merupakan lanjutan dari penilaian tahap I yang dilakukan oleh tim teknis. Dalam penilaian tahap II ini, tim melihat langsung apa yang disampaikan dalam dokumen RKPD dan dokumen RPJMD, “ujarnya.

Dilanjutkan Ida, hasil dari penilaian tahap II ini nantinya diskoring dari tiga kabupaten. Skor tertinggi akan menjadi yang terbaik dan mendapat Anugerah Saburai dari Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.” Dari tiga kabupaten, satu yang mendapat Anugerah Saburai dan berhak mewakili Provinsi Lampung ditingkat nasional. Pengumuman pemenang saat Musrenbang Tingkat Provinsi Lampung, “ujar Ida.

Sementara, Kepala Bappelitbang Tanggamus Hendra Wijaya Mega mengaku optimis Tanggamus bisa meraih juara I dalam PPD tahun 2020. Hal ini lantaran ada sejumlah inovasi dari Tanggamus yang tidak dimiliki Kabupaten lain.” Dokumen penyusunan kita sudah rapih. Dan ada sejumlah inovasi yang belum dimiliki Kabupaten lain seperti kita sudah menerapkan sistem e-Sepakat dan e-Budgeting yang sudah Terintegrasi dengan Bappenas dan kita juga ada program Ambulans pekon jadi saya optimis Tanggamus menjadi juara I, “kata Hendra. (simer)

13 Views