oleh

PUPR Pastikan Dua Jembatan Rusak di Sultra Selesai Maret 2021

KONAWE – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XXI Ditjen Bina Marga tengah menangani dua jembatan di Provinsi Sulawesi Tenggara yang rusak akibat akibat bencana banjir pada 9 Juni 2019.

Ini upaya untuk mendukung kelancaran transportasi dan distribusi logistik dari dan ke Sulawesi Tenggara menuju Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan. Dua jembatan tersebut adalah Jembatan Rahabangga di Kabupaten Konawe dan Jembatan Asera di Kabupaten Konawe Utara.

loading...

Wakil Menteri PUPR John Wempi Wetipo mengatakan, Jembatan Rahabangga berada di ruas Jalan Inowa (Unaaha) KM 74+000 Desa Uepai Kabupaten Konawe. “Jembatan ini rusak karena opritnya tergerus luapan air Sungai Ameroro,” kata Wamen Wempi saat meninjau penanganan Jembatan Rahabangga, Minggu (30/8).

Sementara, untuk Jembatan Asera kata Wamen Wempi, berada di ruas jalan nasional Landawe-Kota Maju-Asera (arah ke batas Provinsi Sulawesi Tengah) Desa Lameuru Kabupaten Konawe Utara rusak akibat intensitas hujan yang tinggi sehingga Sungai Asera meluap.

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XXI Kendari (Sultra) Yohanis Tulak Todingrara mengatakan, kedua jembatan tersebut akan diganti dengan jembatan rangka baja melalui pengadaan pekerjaan konstruksi terintegrasi rancang dan bangun (design and build). “Kontrak dengan metode terintegrasi rancang dan bangun dinilai paling efisien secara waktu dan biaya mengingat penggantian kedua jembatan ini sangat mendesak,” singkatnya.

Komentar

Berita Lainnya