by

PUPR, Usulkan Perbaikan Jalan Ke P2JN

Sinarmerdeka.id, KOTAAGUNG–Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Tanggamus akan mengusulkan perbaikan ruas jalan yang mengalami kerusakan kepada pusat melalui perencanaan dan pengawasan jalan nasional (P2JN).

Kepala Bidang Bina Marga PUPR Tanggamus Ishak Basuki, mendampingi Kepala Dinas Riswanda Djunaidi mengatakan, usulan tersebut saat ini tengah diusulkan, sebelum diajukan usulan tersebut kepada P2JN, lebih dahulu
harua ditandatangani oleh kepala daerah yakni bupati.

“Usulan tengah dalam proses, karena kita semua ketahui sejumlah ruas jalan mulai dari Kecamatan Pugung hingga Sedayu, sudah mulai mengalami kerusakan, dan itu yang tengah kita usahakan untuk diperbaiki, mudah-mudahan usulan terealisasi,”kata Ishak, Kamis (4/5).

Lebih lanjut,  Ia menjelaskan sejatinya PUPR telah berupaya meminimalisir tingkat kerusakan dengan cara memperbaiki sementara titik jalan yang dianggap parah salah satunya yakni di Pekon Terbaya, Kotaagung namun mengingat keterbatasan anggaran dan jalan tersebut merupakan wewenang pusat dan agar semua dapat diperbaiki maka pihaknya mengusulkan ke pusat.

“Untuk skalanya memang sudah dibagi, ada skala kabupaten, provinsi, dan nasional, kita semua tahu kualitas jalan nasional berbeda dengan kabupaten, empat dibanding satu, satu ruas jalan nasional bisa dibangun empat jalan kabupaten, sementara jalan yang memang wewenang PUPR Tanggamus juga mendesak harus segera dibangun,”ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan sejumlah ruas jalan yang mengalami kerusakan hampir merata di sepanjang jalan lintas barat (Jalinbar) salah satunya yakni di Jalinbar Pekon Terbaya, Pekon Teba, Kecamatan Kotaangung Timur, serta Jalinbar Pekon Kagungan, Gunawan salah satu warga Dusun Way Som Pekon, Kotaagung mengatakan, ia berharap perbaikan jalan lintas barat tersebut dapat segera dilakukan karena menurutnya sering pengendara tidak menyadari jika ada jalan yang berlubang.

“Yang membuat pengendara lengah itu, karena ada jalan bagus tiba tiba ada yang berlubang, ditambah tidak ada rambu-rambu lalu lintas terpasang, terlebih pada malam hari, kami berharap segera diperbaiki, apalagi jalan yang ada di Pekon Batu Keramat, kebetulan saya sering melintas disana,”tandasnya. (rio)

Comment

Berita Lainnya