PWI Lambar, Helat pelatihan Jurnalistik kehumasan.

SINARMERDEKA.ID.LAMPUNGBARAT-Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Lampung Barat (Lambar) akan menggelar pelatihan jurnalistik dan kehumasan, dengan peserta perwakilan dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab dan lembaga vertikal setempat. Kegiatan dinjadwalkan selama dua hari, yakni Kamis-Jumat (26/27/2019) bertempat di Aula Kagungan Sekretariat Pemkab Lambar.

Ketua PWI Lambar Vicky Andreas Fiqrullah, S.Pd, Mat., mengatakan, pelatihan dasar-dasar jurnalistik dilaksanakan agar di setiap OPD di lingkungan pemkab Lambar, tidak terkecuali pada instansi vertikal memiliki tenaga kehumasan yang mampu merilis pemberitaan. Sehingga kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di setiap OPD maupun instansi dapat terpublikasi untuk diketahui oleh masyarakat luas.

“Kegiatan dilaksanakan selama dua hari, dan akan menghadirkan nara sumber dari PWI Provinsi Lampung, dengan peserta utusan masing-masing OPD dan instansi vertikal sebanyak dua orang,” ungkap Vicky.

Dijelaskan, pada hari pertama yang rencananya akam dibuka langsung oleh bupati Lambar Parosil Mabsus tersebut akan digelar beberapa rangkaian kegiatan, meliputi pemaparan hubungan pemerintah dengan pers, pemaparan tentang UU nomor 40 tahun 1999 tentang pers, kemudian pemaparan tentang media ciber, pelatihan tentang teknik pembuatan rilise berita, dan pelatihan teknik pengambilan foto untuk kebutuhan jurnalistik.

“Selanjutnya di hari kedua peserta akan dibawa ke lapangan untuk mengikuti hunting berita dan foto, dilanjutkan penyetoran hasil hunting, serta penutupan dan pemberian piagam bagi peserta,” kata dia.

Ia menambahkan, melalui pelatihan jurnalistik dan kehumasan tersebut maka diharapkan menjadi bekal para peserta untuk menggali bakat menulis mereka sehingga mampu menginformasikan sebuah berita dalam suatu media, baik cetak, online, atau melalui media sosial (Medsos) sehingga program-program pemerintah khususny yang ada di masing-masing OPD maupun Instansi Vertikal bisa tersampaikan ke masyarakat. (rls/182/simer)

70 Views