oleh

Samsul Akan Berikan Dana Hibah Bagi MTs YMPI

Sinarmerdeka.id, CUKUHBALAK – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Tanggamus Hi.Samsul Hadi, kemarin (7/2) meresmikan gedung ruang kelas baru Madrasah Tsanawiyah (MTs) Yayasan Majelis Pelajar Islam (YMPI) Putih Doh Kecamatan Cukuhbalak. Sebelumnya gedung sekolah ini mengalami kerusakan kemudian mendapatkan bantuan renovasi dari Kementerian Agama (Kemenag).

Turut hadir dalam peresmian tersebut Kepala Kemenag Tanggamus M.Yusuf, anggota DPRD, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfosandi), lalu, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan Kecamatan Cukuhbalak Irianto, Camat Cukuh Balak Rusdi dan Ketua YMPI Putih Doh Dalom Ruzabari.

loading...

Dalam sambutannya, Samsul mengatakan, bahwa pemerintah mendapatkan amanat untuk menjamin hak-hak warga negara dalam mendapatkan layanan pendidikan, selain itu pemerintah juga berkewajiban untuk menyelenggarakan satu sistem pengajaran nasional.

“Kepedulian pemerintah akan pendidikan juga terlihat pada besarnya alokasi dana untuk pendidikan baik itu dari APBN maupun APBD, hal ini membuktikan keseriusan pemerintah untuk menjamin tiap-tiap warga negaranya agar mendapatkan pendidikan yang layak. Namun kita menyadari sebagian masyarakat masih sulit dalam mengenyam pendidikan. Untuk itu kita berusaha melakukan pemerataan terhadap pendidikan . Kita juga berharap pendidikan semakin mudah didapat baik itu diperkotaan maupun dipelosok desa,” ujar Plt bupati.

Madrasah, lanjut Samsul memiliki peran untuk peningkatan kualitas pendidikan, untuk itu ia berharap madrasah dapat menjadi sekolah unggulan yang diminati masyarakat,bukan lagi sebagai sekolah pilihan kedua bagi anak-anak yang tidak diterima disekolah umum.”Berbagai program yang telah digulirkan dalam rangka memajukan madrasah, baik dari peningkatan kualitas guru melalui program serttifikasi dan lainnya, sarana prasarana serta program-program untuk meningkatkan kualitas siswa madrasah sehingga madrasah semakin unggul dan bersaing dengan sekolah favorit lainnya,” kata Samsul.

Menurut Samsul, keberadaan MTs YMPI di Kecamatan Cukuhbalak patut diapresiasi,sebab selain menjadi sarana pendidikan, lulusannya pun telah banyak diakui, yakni ada yang menjadi birokrat maupun anggota dewan.”MTs YMPI ini sudah ada sejak 1985 dibawah naungan Kemenag Kabupaten Tanggamus, setiap tahun sekolah ini meluluskan siswanya, termasuk Camat Cukuhbalak yang merupakan alumnus dari MTs YMPI, bahkan lulusan madrasah ini sudah ada yang pernah menduduki sebagai anggota DPRD Kabupaten Tanggamus. Selain itu MTs ini sudah memiliki izin melaksanakan ujian sekolah dan sudah terakreditasi,” kata dia.

Dalam kesempatan tersebut Samsul juga mengungkapkan jika Pemkab Tanggamus akan memberikan dana hibah Rp100 juta bagi MTs YMPI dan memberikan piagam kepada siswa yang berprestasi.(rio)

Komentar

Berita Lainnya