Semaka-Wonosobo di Guyur Bantuan Benih Bandeng

SINARMERDEKA.ID.KOTAAGUNG—Pemkab Tanggamus melalui Dinas Perikanan setempat bakal memberikan bantuan benih ikan bandeng bagi pembudidaya di Kecamatan Semaka dan Wonosobo.

Menurut Kepala Bidang Perikanan Budi Daya, Sigit Bayu Premono, bantuan benih diberikan bagi pembudidaya yang terkena dampak banjir bandang didua Kecamatan tahun 2018 lalu.

“Saat banjir bandang menerjang dua kecamatan yakni Wonosobo dan Semaka tahun 2018 lalu, banyak pembudidaya bandeng merugi karena benih ikan hingga ikan siap panen hanyut terbawa banjir dan berdasarkan pendataan kami ada sekitar 500 ribuan benih yang hilang tersapu banjir, “kata Sigit mewakili Kepala Dinas Perikanan Tanggamus Edi Narimo, Rabu (28/1).

Dilanjutkannya bahwa bantuan benih yang diberikan pemda Tanggamus sebagai bentuk perhatian dan kepedulian atas musibah yang tengah dihadapi para pembudidaya. Total ada tujuh pembinaan bandeng yang nantinya mendapat bantuan benih.

” Bantuan tersebut bukan karena adanya proposal yang diajukan pembudidaya, ini murni kami turun dan melakukan pendataan. Lalu kami usulkan dan disetujui DPRD, “kata dia.

Dilanjutkan Sigit, bahwa bantuan benih yang diberikan nantinya hanya 168 ribu benih. Jumlah tersebut memang belum dapat meng-cover semua kerugian kelompok pembudidaya.” Kemampuan keuangan daerah terbatas sehingga kemampuannya hanya sampai 168 ribu benih. Kedepan kami akan upayakan lagi agar bantuan serupa diberikan, “ucapnya.

Masih kata Sigit, bahwa selain bantuan benih bandeng. Dinas Perikanan tahun ini juga mengupayakan bantuan bagi perikanan darat. ” Untuk perikanan darat sedang kita usulkan, ke Kemenenterian Kelautan dan Perikanan (KKP). Jenis bantuannya berupa benih dan pakan. Untuk benihnya berupa ikan konsumsi seperti mas, gurame, lele dan nila, ada 20 kelompok budi daya ikan (pokdakan) yang kita usulkan di tahun 2020 ini, “pungkas Sigit. (rls/simer)

37 Views