Stok Pangan Dipastikan Cukup

Jelang Ramadhan Hingga Idul Fitri

Sinarmerdeka.id – Komisi IV DPR terus memantau pergerakan harga pangan menjelang bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri mendatang. Mereka pun akan melakukan sidak ke pasar, guna menjaga stabilisasi harga.

“Dua kali kami akan melakukan kunjungan ke lapangan memantau sebelum dilaksanakannya Ramadhan dan Idul Fitri, ” ujar Wakil Ketua Komisi IV DPR Herman Khaeron di Jakarta, Selasa (23/5).

Khusus menjelang Idul Fitri, Komisi IV DPR menurutnya, tak hanya memantau, tapi mengevaluasi terhadap bagaimana harga di tingkat pasar. Sebab, pergerakan harga jelang hari raya dipengaruhi oleh beberapa aspek. Baik dari para spekulan atau penimbun, konsumsi, dan distribusi.

Namun yang paling penting saat ini katanya, adalah memastikan stok pangan jelang Ramadhan cukup. “Kalau dari sisi stok semuanya memang sudah mencukupi,” jelasnya.

Untuk bahan pangan pokok seperti beras, menurutnya pemerintah sudah menggenjot ketersediaannya menyambut Ramadhan. Bahkan, cukup hingga Idul Fitri nanti. “Saya kira cukup dan untuk komoditas lainnya juga cukup,” papar Politikus Partai Demokrat itu menjelaskan.

Hal ini juga termasuk ketersediaan daging. Pemerintah katanya sudah memutuskan menambah impor daging kerbau. ‘’Jadi untuk seluruh kebutuhan yang sifatnya menjadi kebutuhan sehari-hari, sudah dinyatakan secara cukup,” pungkas legislator asal Jawa Barat itu. (jwp/simer)

166 Views