oleh

Sudah Cantik, Tanaman Jenggot Musa Atasi Penyakit Mematikan


Ragam|837 views

BANDAR LAMPUNG – Tanaman hias jenggot musa adalah tanaman liar yang sering dijadikan sebagai tanaman hias pada zaman dahulu. Jenis tanaman hias ini merupakan tanaman yang sangat mudah tumbuh di Indonesia.

Tillandsia atau jenggot musa juga dikenal dengan nama janggut nabi, janggut firaun. Pada habitat aslinya, jenggot musa hidup merambat dan menempel di pohon besar.

loading...

Berbentuk seperti benang kusut dan tak beraturan. Jika anda berkeinginan menjadikan sebagai tanaman hias, anda harus memotong dan merapikan dalam pot gantung. Sehingga tanaman akan tumbuh rapi menjuntai. Karena bentuk tersebut, para pecinta tanaman sering memanfaatkan sebagai tirai.

Tanaman yang masih satu family dengan nanas-nanasan ini dapat bertahan hidup dengan mengandalkan bulu halus di sekujur tubuhnya.

Bulu halus pada tanaman hias jenggot musa ini berguna untuk menyaring uap air dan nutrisi dari udara. Sekilas, jenis tanaman hias jenggot musa memang mirip seperti seperti bunga anggrek, Akan tetapi jenggot musa tidak membutuhkan pupuk dan air yang diberikan secara rutin.

Dahulu, tanaman jenggot musa banyak digunakan sebagai hiasan di rumah karena sifat tanaman ini yang tidak sulit dirawat dan sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias.

Pada beberapa tahun terakhir, jenis tanaman hias ini cukup populer dan banyak digandrungi oleh pcinta tanaman hias. Akan tetapi kepopulerannya mulai menurun semenjak banyak jenis-jenis bunga dan tanaman hias yang lebih cantik dan terbilang lebih keren.

Pada habitat aslinya tanaman ini adalah tanaman yang hidupnya selalu merambat dan menempel di sebuah pohon besar.

Memiliki bentuk yang cukup mengerikan karena bentuk dari tanaman ini yang memang tidak beraturan. Akan tetapi tanaman hias jenggot musa ini mudah sekali untuk dibentuk bila ditanam pada sebuah pot gantung untuk menghiasi lingkungan rumah.

Cara membuat tanaman hias dari Jenggot Musa sangatlah mudah, karena tanaman ini dapat diperbanyak dengan cara memisahkan anakan yang akan muncul pada saat tanaman ini sudah mengalami fase berbunga.

Jenggot Musa menurut beberapa penelitian memiliki banyak kegunaan yakni untuk mengobati kanker hingga obat untuk mencegah dan mengobati penyakit HIV.

Selanjutnya, tanaman hias jenggot musa dapat dicampurkan sebagai bahan pembuatan obat tradisional atau ramuan herbal. Ramuan herbal tersebut dipercaya dapat mencegah penyakit diabetes.

Selain itu, jenggot musa juga dapat mengobati gatal-gatal pada kulit, menghilangkan jamur di kulit, mengobati eksim, membantu menghilangkan jerawat, dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Efek lain dari jenggot musa ini adalah dapat menurunkan kadar kolesterol dan juga dapat menyembuhkan rematik. Serta dapat menghilangkan nyeri pada saat usai persalinan dan dapat menjadi obat saat mengalami sakit perut.

Itulah beragam manfaat yang dapat diberikan oleh tanaman hias jenggot musa yang mulai terlupakan dan tersisihkan.(ok/rgtime/smol)

Komentar

Berita Lainnya