Tidak perlu cemas sakit Tenggorokan, ditengah wabah Covid-19 berikut penjelasannya

SINARMERDEKA.ID.Wabah virus corona Covid-19 yang terus bertambah telah membuat masyarakat cemas. Apalagi jika mereka mengalami salah satu gejala infeksi virus corona Covid-19.

Adapun gejala umum virus corona Covid-19, yakni demam tinggi, batuk, sesak napas dan flu. Tetapi, apakah sakit tenggorokan dan sakit telinga perlu diwaspadai?

Sebelumnya, para ahli menemukan bahwa beberapa pasien corona Covid-19 juga mengalami gejala lain seperti sakit telinga, kehilangan indera penciuman hingga masalah pencernaan.

Sedangkan dilansir dari The Sun, sakit tenggorokan dan sakit telinga adalah gejala yang sangat umum jika seseorang terinfeksi virus flu dan sakit flu, tidak melulu tanda virus corona Covid-19.

Seseorang dengan riwayat penyakit kronis memang perlu waspada jika mengalami sakit tenggorokan dan telinga. Karena mereka termasuk kelompok orang yang rentan terinfeksi virus corona Covid-19

Tapi, Anda tidak perlu terlalu khawatir dan ketakutan. Menurut Dr Hilary Jones, editor kesehatan untuk Good Morning Britain ITV, mengatakan sementara waktu Anda bisa mengonsumsi obat untuk meredakan sakit tenggorokan.

Selain itu, Anda juga harus mengarantina diri di alam rumah selama 14 hari. Bila sakit tenggorokan tidak membaik, Anda disarankan memperpanjang masa isolasi diri dan membatasi kontak sosial dengan siapa pun, termasuk keluarga.

Langkah itu bertujuan mencegah penyebaran virus corona Covid-19 semakin meluas, seandainya Anda ternyata sudah terinfeksi virus corona Covid-19.

Jika gejala tidak membaik dan terus memburuk, Anda harus menghubungi dokter atau unit gawat darurat guna mendapatkan pertolongan medis cepat.

Karena, beberapa orang dengan corona Covid-19 juga mengalami sakit tenggorokan, kelelahan, sakit kepala hingga kesakitan pada tubuh.(rls/suarcom/simer)

47 Views