oleh

Tjahjo Optimis RUU Pemilu Selesai Akhir Bulan Ini

Sinarmerdeka.id – Meski bulan Mei sudah berjalan dua pekan, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo optimis draf Rancangan Undang-undang Pemilu (RUU Pemilu) bisa diselesaikan bulan ini. Dia menegaskan, Pansus dan pemerintah tetap komit dengan janjinya.

“Janjinya akhir mei selesai. Pokoknya pasca persidangan Mei selesai,” ujarnya usai menemui Menteri PAN-RB Asman Abnur di Kantor Kemenpan, Jakarta Rabu (17/5).

loading...

Tjahjo juga menjelaskan, penetapan deadline tersebut bukan tanpa alasan. Berdasarkan hasil koordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU), tahapan persiapan pemilu 2019 akan dilakukan juni. “Karena KPU kan tahapannya baru dimulai pada Juni,” imbuhnya.

Meski tidak banyak waktu yang tersisa, dia yakin sisa isu yang belum disepakati akan segera menemui titik temu. Menurutnya, hanya ada lima sampai enam isu saja. Itupun, beberapa di antaranya sudah hampir selesai.

“Kalau toh harus ambil keputusan di paripurna ya (mungkin) hanya tiga isu nanti. Yang lainnya sudah (dalam lobi pekan ini),” tuturnya.

Seperti diketahui, hingga saat ini, masih ada sejumlah isu krusial yang belum disepakati pansus RUU Pemilu dan pemerintah. Di antaranya sistem pemilihan, Presidential threshold, ambang batas parlemen, hingga penambahan jumlah dapil. (jwp/simer)

Komentar

Berita Lainnya