oleh

Wabup AM Syafii, Ingin Kader PKK Tingkatkan Wawasan

SINARMERDEKA.ID.GISTING–Ratusan kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang tersebar di 140 pekon dan sembilan Kecamatan di Kabupaten Tanggamus mengikuti Latihan Pengelola Program dan Penyuluhan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (LP3PKK), Rabu (11/12) di Aula Serumpun Padi Kecamatan Gisting.

Kegiatan tersebut dihadiri dan dibuka langsung oleh Wakil Bupati Tanggamus Hi AM Syafii. Turut hadir Ketua TP-PKK Tanggamus Hj Sri Nilawati Syafi’i, Ketua DWP Tanggamus Ny. Nuraini Lubis, Kepala Dinas Kesehatan Taufik Hidayat, Kepala Dinas PMD Idham Khalid dan para camat.

loading...

Dalam sambutannya Wabup Hi. AM Syafii S.Ag menyampaikan bahwa, pelatihan bagi para kader ketua TP-PKK pekon sebagai pelaksana program kerja bidang sekretaris tahun pemantapan administrasi PKK ini dijadikan untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan, dan keterampilan tim penggerak PKK pekon melalui tim PKK Kabupaten Tanggamus, demi terwujudnya kader-kader yang berkualitas dan lebih baik lagi, khususnya bagi peningkatan pengetahuan dan pemantapan pelaksanaan administrasi.

” Pelatihan ini juga dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kapasitas kader PKK dalam melaksanakan program kegiatan PKK dalam melaksanakan program kegiatan PKK terutama 10 progran pokok PKK yang harus dilaksanakan mulai dari tingkat pekon hingga kabupaten agar kedepannya semakin baik lagi,” ujar Syafii.

Dilanjutkan wabup bahwa gerakan PKK adalah gerakan nasional yang bertujuan memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat, sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan. Dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan kapasitas kader PKK diperlukan adanya partisipasi yang tinggi dari para pengurus tim penggerak PKK dari setiap jenjang tingkatan, mitra kerja dan para Kader sebagai garda terdepan pelaksanaan 10 program PKK.

” Untuk itulah Para kader PKK harus terus meningkatkan pengetahuan dan kemampuan sehingga dapat berperan maksimal, guna membantu meringankan tugas pemerintah meningkatkan derajat kesehatan, kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat, “pungkas Syafii.

Ketua TP PKK Hj. Sri Nilawati Syafi’i,menyampaikan gerakan PKK yang telah tumbuh dan berkembang masih perlu adanya pembinaan yang rutin, terus menerus dan terjadwal, sehingga warga lingkungan akan menjadi lebih mudah memahami program-program PKK dan yang sangat diharapkan akan terjalin rasa kebersamaan dalam lingkungan dan wilayah untuk melaksanakan program.

” Untuk itu, dalam mendorong terwujudnya keluarga yang sejahtera maka kegiatan Tim Penggerak PKK ke depan harus lebih ditingkatkan dan tentunya seiring dengan peningkatan kemampuan kader yang berkualitas salah satunya dapat terwujud melalui pelaksanaan LP3PKK TP PKK ini dan kepada seluruh Kader PKK untuk menjadikan LP3PKK TP.PKK ini sebagai momentum dan ajang menimba ilmu, serta ajang silaturrahim antar sesama kader”katanya.

Tim penggerak PKK pekon/kelurahan diharapkan untuk selalu menciptakan inovasi baru yang bermanfaat, serta dapat dirasakan langsung oleh kader dan masyarakat. Banyak peran aktif PKK di masyarakat diantaranya untuk penurunan Stunting di melalui PAAR (Pola Asuh Anak Remaja), meningkatkan pendidikan dan ketrampilan anggotanya, aktif membantu mengurangi limbah plastik, serta pencegahan kanker serviks (leher rahim) melalui pemeriksaan test IVA. Untuk saat ini Kabupaten Tanggamus sudah meraih prestasi bidang PKK, diantaranya juara 1 lomba PAAR tingkat nasional di pekon Dadisari, kecamatan Wonosobo, “tandas Sri Nilawati.

Sementara Ketua Pelaksana Kegiatan, Ny. Arpin, melaporkan bahwa kegiatan pelatihan diikuti oleh 9 kecamatan dan 140 pekon. Sehingga jumlah keseluruhan peserta adalah 149 orang. Sedangkan pemateri dari kabupaten Tanggamus.

” Tujuan kegiatan iniuntuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan TP PKK Kabupaten, Kecamatan, dan Pekon untuk lebih memahami tugasnya dalam pelayanan kepada masyarakat. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan inovasi dan kreasi kegiatan dalam memanfaatkan administrasi PKK, “ujarnya. (simer)

Komentar

Berita Lainnya