oleh

Wah, Calon ABK Kapal di Tanggamus Positif Covid 19

KOTAAGUNG—Masih di zona kuning Kasus positif Covid 19 Kabupaten Tanggamus bertambah satu, sehingga sekarang total sudah ada tiga yang positif.

Pasien positif tersebut adalah seorang pria berusia 47 tahun calon anak buah kapal (ABK) yang saat ini tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Batin Mangunang (RSUDBM) Kotaagung.

loading...

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Tanggamus dr.Eka Priyanto mengatakan , riwayat pasien 03, pada 17 Juni 2020 melakukan perjalan dari Palembang ke Jakarta untuk mencari pekerjaan sebagai ABK Kapal.

Sebelumya pasien sudah melakukan rapid diagnostic test (RDT) di Palembang sebagai syarat untuk melakukan perjalan dari Palembang ke Jakarta dengan hasil RDT non-reaktif. Lalu pada tanggal 6 juli 2020 dilakukan swab tes di rumah sakit Husada Jakarta dengan hasil pcr negatif.

Sebelum bekerja di kapal, Pertamina mensyaratkan paseien 03 yang merupakan calon pekerja untuk rapid tes pada 9 Juli oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Panjang yang dilakukan di Hotel Setia Kotaagung dengan hasil non reaktif

Lalu 10 hari kemudian dilakukan RDT ulang di Penginapan Wisma Hosela Pasar Madang dengan hasil RDT reaktif,

kemudian dilakukan pengambilan sampel untuk tes polymerase chain reaction (PCR) atau swab dengan hasil positif Covid 19,” ujar Eka melalui keterangan tertulisnya, Kamis malam (22/7).

Dilanjutkan Eka, jika saat ini pasien 03 dibawa oleh tim Kesehatan Puskesmas Kotaagung ke RSUD Batin Mangunang untuk mendapatkan penanganan sebagai tindak lanjut sesuai tatalaksana Kasus Covid 19.

“Ada pun langkah langkah tindak lanjut yang akan dilakukan yakni tracking kepada yang pernah kontak erat dengan pasien 03 dan melakukan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan covid-19,” pungkas Eka.

Sementara, Kepala Bagian Tata Usaha (TU) RSUDBM, Budi M.Ghozali ketika dikonfirmasi membenarkan pihaknya merawat pasien Covid 19. Namun dia enggan membeberkan kondisi pasien.” Ya, betul, RSUDBM merawat satu pasien Covid 19,” ujar Budi.(ok/smol)

Komentar

Berita Lainnya